Pelayanan Publik

Program BSMSS 2024 Digelar di Desa/Kecamatan Pamulihan

SUMEDANG (Aswajanews.id) – Program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) tahun 2024 dilaksanakan di Desa/Kecamatan Pamulihan. Sasaran objek yang akan dikerjakan antara lain, pengecoran jalan sepanjang 830 meter dengan lebar 3 meter. Sasaran tambahan berupa pembuatan saluran air sepanjang 555 meter, tinggi 60 cm dan lebar 80 Cm, plat beton 2 unit, seropotan panjang 6 meter lebar 1 meter dan tinggi 1 meter

Program BSMSS dibuka Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli dimulai dengan peninjauan sunatan massal sekaligus peletakan batu pertama pembangunan Jalan program BSMSS 2024, Selasa (25/6/2024).

Program BSMSS dibuka Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli dimulai dengan peletakan batu pertama pembangunan Jalan, Selasa (25/6/2024)

“Program BSMSS ini, wujud komitmen dan kepedulian Pemda Sumedang bersama TNI dan masyarakat, gotong royong dengan tujuan untuk menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Menurut Yudia, program BSMSS ini diharapkan bisa ikut membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, dalam penghapusan kemiskinan ektrem, keterisolasian wilayah dan mendukung akselerasi pembangunan desa.

“Program BSMSS ini merupakan sinergi yang terintegrasi dengan berbagai pihak yang intinya untuk pemberdayaan desa. Program ini memberikan multifier efek yang luas untuk kesejahteraan masyarakat terutama membantu pemerintah dalam menghapus kemiskinan ektrem,” ujarnya.

BSMSS ini juga bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun wilayahnya. Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk bisa menjaga hasil fisik yang sudah dibuat dalam kegiatan ini.  “BSMSS merupakan pemberian motivasi kepada masyarakat untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki. Sehingga pada gilirannya akan berdampak positif dalam membangun diri dan lingkungannya secara swakarsa dan swakarya,” tuturnya.

Dandim 0610 Sumedang Letkol Kav Christian Gordon Rambu M.Si (Han) mengatakan, Program BSMSS ini sebagai bentuk pendekatan pembangunan dan terminologi kebijakan pembangunan yang berkaitan erat dengan pelaksanaan peningkatan pembangunan masyarakat di desa.

“Program ini dilaksanakan sebagai upaya membantu akselerasi pembangunan di desa serta meningkatkan kesejahteran masyarakat dalam percepatan dan pemerataan pembangunan daerah,” ujarnya.

Menurutnya, bagi Kodim 0610 Sumedang, terlaksananya berbagai program TNI yang dilaksanakan melalui BSMSS ini tentuya akan semakin mengokohkan kemanunggalan TNI dengan rakyat juga membantu pembangunan Pemda serta meringankan beban sosial rakyat.

“Program BSMSS ini juga merupakan kebijakan pimpinan TNI dalam memelihara dan mengembangkan hasil-hasil oprasi TNI selain perang. Selain itu juga sebagai upaya Kodim 0610 dalam mendarmabaktikan diri demi terwujudnya masyarakat yang aman damai dan sejahtera,” katanya. {*]

www.youtube.com/@anas-aswaja