Beranda Nasional Pelayanan Publik Peringati HPSN 2022, Kang Jimat Tanam Pohon Hanjuang dan Ajak Warga untuk...

Peringati HPSN 2022, Kang Jimat Tanam Pohon Hanjuang dan Ajak Warga untuk Menjaga Lingkungan

Subang (Aswajanews.id) – Bupati Subang Haji Ruhimat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Ruhimat, mengikuti kegiatan penanaman pohon di sepanjang Jalan Darmaga-Bukanagara, Kecamatan Cisalak, Sabtu (26/2). Penanaman pohon tersebut dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022 tingkat Kabupaten Subang yang bertema “Kelola Sampah, Kurangi emisi, dan bangun Program Kampung Iklim (PROKLIM)”.

HPSN sendiri diperingati pada tanggal 21 Februari setiap tahun, dan melalui momentum HPSN pemerintah Kabupaten Subang melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan upaya kebersihan lingkungan di tiap kecamatan, yang dilanjutkan dengan gerakan penanaman pohon. Terkait upaya menggalakan kebersihan dan penanaman pohon, telah dilakukan dari tanggal 10 Januari 2022, dalam momentum gerakan penanaman sejuta pohon yang diresmikan Kang Jimat di Lahan eks TPA Panembong.

Camat Cisalak Eza Zaithon Thawi Anshari dalam sambutannya menyampaikan jalan Darmaga-Bukanagara, saat ini menjadi ikon dan objek wisata baru di Kabupaten Subang, dan hari ini sudah terlihat dari kebersamaan warga masyarakat, komunitas dan unsur pemerintah  bergabung dalam hari peduli sampah. “Semoga melalui gerakan ini dapat memotivasi bagaimana mengelola sampah, dan mengembangkan kampung peduli iklim,” ungkap Camat Cisalak.

Kadis Lingkungan Hidup H. Hidayat dalam laporannya menyampaikan dalam rangka HPSN yang sudah dicanangkan pada 10 Januari lalu, pihaknya terus menyelenggarakan road show di beberapa lokasi untuk kegiatan penanaman pohon. Untuk kegiatan kali ini DLH menyiapkan tak kurang dari 5.000 pohon Hanjuang dan 1.000 pohon tanaman keras. Melalui kegiatan ini H. Hidayat berharap dapat memberikan manfaat kedepannya.

Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada jajaran pemerintah dan elemen masyarakat telah bergotong royong berupaya menjaga keseimbangan lingkungan. Ia menyampaikan program sejuta pohon yang pernah dirinya resmikan hingga saat ini masih berlanjut dari desa ke desa, serta diharapkan gerakan menanam pohon dapat terlaksana tidak hanya saat itu saja, akan tetapi di masa yang akan datang.

“Apresiasi kepada seluruh warga dimana kita berbuat baik untuk kita wariskan kepada anak cucu kita. Uyah mah moal niis kaluhur. saya optimistis tetap bakal neruskeun kahadean,” ucap Kang Jimat.

Kang jimat menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu langkah mewujudkan program Subang Jawara. Terkait tema hari sampah nasional, Kang jimat menginginkan seluruh warga masyarakat Subang dapat lebih peduli dan tidak membuang sampah sembarangan. Kang jimat menitipkan agar para pemuda khusus nya di Kecamatan Cisalak dapat mengelola dan melestarikan lingkungan.

Menandai HPSN 2022, Kang Jimat bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup H. Hidayat, dan Camat Cisalak menanam pohon Hanjuang dan pohon Katapang, di sepanjang jalan Bukit PAS Jalan Darmaga-Bukanagara, bersama warga masyarakat. Hadir dalam kesempatan tersebut jajaran BPBD, Para Kepala Desa Se-Kecamatan Cisalak, muspika dan warga masyarakat Cisalak, lembaga massal, KBPA, Warna Alam, Sagunung samaung, dan komunitas pencinta alam lainnya. *(Akim S)