Nusantara

Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Karangsambung dengan Beragam Perlombaan dan Doorprize

BREBES (Aswajanews.id) – Momentum hari kemerdekaan HUT RI ke-78 pada Agustus 2023 menjadi hari penting bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebab sudah 78 tahun bangsa kita merdeka pasca proklamasi yang dikumandangkan oleh Soekarno.

Tidak hanya memperingati hari kemerdekaan saja, momen ini selalu dihiasi dengan berbagai acara serta beberapa lomba.

Seluruh masyarakat Karangsambung ambil bagian dalam memeriahkan HUT RI ke-78 yang diselenggarakan Pemerintah Desa bersama Karang Taruna. Bertempat di Halaman Balai Desa Karangsambung Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, masyarakat antusias ikuti rangkaian kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore hari.

Rangkaian acaranya berupa Nonton bareng film kemerdekaan, lomba-lomba khas 17an, turnamen sepak bola, senam masal, karnaval serta pesta rakya berupa orkes dan hadiah doorprize.

“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi warga terhadap perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan. Hal ini patut kita syukuri atas buah yang sangat matang yakni Kemerdekaan dari pohon Perjuangan,” ujar ketua karang taruna saat sambutanya, Minggu (20/08/2023).

Area kegiatan juga menjadi lokasi kuliner para UMKM desa setempat sampai luar desa, yang senang karna banyak pengunjung yang membeli jajanan mereka pada Minggu (20/8). Berbagai menu disajikan oleh pelaku UMKM yang memikat para warga yang hadir dalam karnaval tersebut.

Anak-anak pun dengan semangat mengikuti berbagai perlombaan khas 17-an, seperti turnamen sepak bola, lomba bawa balon ataupun memasukkan pulpen ke botol. Uniknya, berbagai perlombaan tersebut tidak hanya diikuti oleh anak-anak, namun juga menarik minat orang tuanya.

Kegiatan ini sangat meriah karena seluruh lapisan masyarakat ikut andil dan kompak dalam mensukseskan rangkaian acara baik dari kalangan anak-anak, pemuda orang tua bahkan organisai seperti Pemuda Pancasila, Fatayat NU, Perseka FC, serta paguyuban-paguyuban yang ada di desa.

“Kegiatan ini sengaja diadakan di akhir pekan, sehingga seluruh masyarakat dapat hadir beramai-ramai dan merasakan suasana 17-an,” ujar Kepala Desa dalam keterangan lisannya, Minggu (20/8/2023).

Panggung hiburan dimeriahkan orkes dan pentas seni yang berhasil mengundang gelak tawa hadirin dari masyarakat karangsambung, serta anak-anak bertalenta yang turut menampilkan bakatnya di atas panggung hiburan. Tak hanya itu, kegiatan ini pun menyediakan hadiah lomba dan DoorPrize sebagai bentuk apresiasi kepada warga.

Acara Pesta Rakyat ini sekaligus menutup rangkaian perayaan HUT kemerdekaan RI Desa Karangsambung, yang terdiri dari perlombaan 17-an, turnamen sepak bola dan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 di Kecamatan Losari. (AH Firdaus)