Pesantren

Ribuan Santri Brebes Berangkat ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

BREBES (Aswajanews.id) – Ribuan santri Brebes berangkat ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Armada bus sebanyak 20 bus yang mengangkut ribuan santri tersebut berangkat dari beberapa titik lokasi di wilayah Kab Brebes. Untuk Brebes barat dipusatkan di Ketanggungan, Brebes tengah di Larangan dan Brebes pantura di UMUS Brebes. Semua santri yang berangkat pada hari Rabu, 24 April 2024 sebanyak 1241 santri dengan perincian, 800 santri putra dan 441 santri putri.

Sekretaris PC HIMASAL Kab Brebes, Akhmad Saefuloh mengatakan bahwa pemberangkatan santri dengan rombongan merupakan instruksk dari Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo. “Semua santri Lirboyo dari semua daerah di Indonesia berangkat dengan sistem rombongan yang dikoordinir oleh Panitia. Hal ini karena sudah menjadi instruksi dari Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri,” kata Asep panggilan akrabnya Sekretaris HIMASAL.

Lebih lanjut Kang Asep menyampaikan bahwa kedatangan semua rombongan sudah terjadwal. ” Untuk santri Brebes harus sudah masuk Pondok besok hari Kamis. Oleh karena itu santri Brebes berangkat malam ini. Ada beberapa santri yang sudah berangkat menduhui, karena kebetulan menjadi pengurus Pondok,” pungkas Kang Asep.

Sebanyak 1241 santri Brebes berangkat ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

Saat pemberangkatan di zona wilayah Brebes barat tepatnya di Ketanggungan kordinator Panitia Santri Putri, Istiqoul Khoero menginformasikan bahwa santri putri yang berjumlah 441 berangkat dari beberapa titik di Kabupaten Brebes. “Sebanyak 441 santri tersebar di beberapa titik keberangkatan. Semua rombongan bus nanti akan bertemu di rest area tol di Tegal. Al hamdulilah mereka sudah siap semua untuk kembali ke Pondok Pesantren Lirboyo,” kata Mba Ika sapaan sehari sehari santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiaat Lirboyo.

 Ika menambahkan, pemberangkatan santri Lirboyo   pasca covid 2019 sampai sekarang dengan sistem rombongan. Dengan rombongan lebih mudah, lebih nyaman dan lebih murah dibandingkan dengan berangkat dengan kendaraan umum. “Oleh karena semoga rombongan berangkat dan pulang santri Lirboyo benar benar sangat bermanfaat untuk santri,” imbuh santri putri asal Dukuhbadag Ketanggungan.

Sebanyak 1241 santri Brebes berangkat ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

Sementara itu mewakili santri putra Akhmad Miftahusalam menyampaikan terima kasih kepada pengurus HIMASAL Brebes yang telah membantu proses pemberangkatan santri Lirboyo. “Mewakili jajaran Panitia mengucapkan terima kasih kepada pengurus HIMASAL dan seluruh alumni yang telah membantu kegiatan rombongan pemberangkatan,” kata Kang Mif. *(Red)

www.youtube.com/@anas-aswaja