Beranda Nasional Pelayanan Publik Randusanga Kulon Menjadi Peserta Lomba Desa Tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2023

Randusanga Kulon Menjadi Peserta Lomba Desa Tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2023

BREBES (Aswajanews.id) – Desa Randusanga Kulon, Rabu (3/5/2023) dilaksanakan penilaian lomba desa oleh tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Brebes tahun 2023, sekaligus lounching Kios Adminduk (Administrasi Kependudukan) kios pelayanan pembuatan Akta Kelahiran, KK (Kartu Keluarga) dan Akta Kematian yang dapat dibuat di Pelayanan Pemerintahan Desa Randusanga Kulon.

Lounching kios adminduk, buat akta kelahiran Kartu Keluarga (KK) dan Akta kematian bisa langsung di kantor pelayanan Desa Randusanga Kulon

Lomba desa yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) menjadi ajang bergengsi bagi Desa Randusanga Kulon dalam rangka mengevaluasi perkembangan desa dalam bidang Kewilayahan, Pemerintahan, Kemasyaraktan, Pelayanan, Pendidikan, Pemberdayaan Masyarakat dan Kesehatan.

Untuk menjawab 7 bidang di atas pemerintah Desa Randusanga Kulon, semaksimal mungkin menyiapkan data yang dibuat oleh perangkat desa (pamong), para ibu bidan desa, ibu-ibu PKK dan lembaga desa meliputi Badan Perwakilan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jagad Kerti.

Buku Randusanga Kulon dalam Buku

Dalam lomba tersebut diterbitkan pula buku tentang Randusanga Kulon yang berjudul “Randusanga Kulon dalam Buku” menceritakan asal usul dan sejarah nama desa Randusaga Kulon, potensi yang dimiliki dan kemajuan serta prestasi yang telah diperoleh oleh Desa Randusanga Kulon. Lewat buku ini pula diharapkan Randusanga Kulon semakin dikenal oleh masyarat lain terutama potensi destinasi wisata yang cukup banyak.

Drs. Hairul Huda ketua Juri Lomba Desa Kabupaten Brebes tahun 2023

Lomba Desa tingkat Kabupaten Brebes pada tahun 2023 ini bertema “Desa Mandiri Mewujudkan Masyarakat Sejahtera dan Berdikari.” Kalau Desa Randusanga Kulon mampu mengalahkan 5 desa dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes, maka selanjutnya Desa Randusanga Kulon akan diikutkan atau maju pada jenjang yang lebih tinggi, yaitu tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Dengan pencocokan data (ceklist) yang tersedia dan mampu membuktikan apa-apa yang diminta oleh dewan juri, baik bukti administrasi dan foto-foto kegiatan yang dimiliki, sepertinya sangat layak Randusanga Kulon untuk menuju ke tingkat propinsi Jawa Tengah, mewakili Kabupaten Brebes. Semoga, Aamiiin. (Lukmanrandusanga, 4/5/2023)