Pesantren

Pontren Al-Ba’agil Brebes Mempersiapkan Santri Berkualitas

BREBES (Aswajanews.id) – Pondok Pesantren (Pontren) Al-Ba’agil yang berlokasi di pantura tepatnya di Jln. Cemara RT.02/RW.03, Desa Lemahabang, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah sejak berdiri tahun 2016 terus mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren Al-Ba’agil dengan keikhlasan dan idealisme para pendirinya, lembaga ini terus berkembang. Dengan usaha selalu meningkatkan mutu pendidikan, pembangunan fisik, pengembangan dana dan mempersiapkan para kader untuk kemajuan jangka panjang lembaga pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Ba’agil, dengan sistem kurikulum yang terpadu Lembaga Pendidikan tersebut saat ini mengelola Pondok Pesantren, Pendidikan Madrasah Diniyah (Madin), Tahfidzul Qur’an, Teknik Komputer, Multimedia dan Pendidikan formal SMP Islam Al-Ba’agil.

Pendidikan formal SMP Islam Al-Ba’agil

Habib Umar Gaurap Al Attas sebagai Pengasuh Pondok Pesantren mengembangkan Kurikulum integrasi antara kurikulum pesantren untuk materi keagamaan, dan Kurikulum pemerintah untuk materi umum. Dengan Integrasi ini, diharapkan para santri tidak mendikotomikan antara pengetahuan umum dan agama, serta dapat menyeimbangkan diantara keduanya.

Santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Al-Ba’agil

Selain itu, untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter Santri atau peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing, Al-Ba’agil juga mengadakan kegiatan ekstra kurikuler diantaranya; Seni Beladiri Pencaksilat, Kepramukaan, Tenismeja, Seni Nasyid, Drumband, Hadroh, Qiroati Qur’an, Multimedia, English & Arab Debate, Komputer (programming, Applications, video editing, foto editing, installations, dll.) dan Praktik Pengabdian Masyarakat.

Santri Al-Ba’agil tengah latihan ekskul beladiri pencaksilat

Pondok Pesantren Al-Ba’agil menerima Santri baru atau pindahan dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK dengan mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan foto copy ijazah (3 lembar), foto copy akte kelahiran (3 lembar), foto copy KK (3 lembar), foto copy KTP orangtua (3 lembar) dan pas foto 3 x 4 (6 lembar).

Fasilitas Pondok Pesantren

Pondok Pesantren Al-Ba’agil dengan bangunan yang cukup representatif dilengkapi fasilitas mendukung proses belajar mengajar

Untuk memenuhi serta mendukung berbagai kegiatan, baik untuk kebutuhan belajar mengajar, kehidupan sehari-hari, kegiatan ekstra kurikuler, kenyamanan santri, guru, wali santri serta orang-orang yang tinggal di lingkungan pesantren, maka Pondok Pesantren Al-Ba’agil dengan bangunan yang cukup representatif dilengkapi fasilitas sebagai berikut : fasilitas ibadah (Masjid), kantor sekretariat pondok, asrama putra, asrama putri, aula, fasilitas belajar (ruang kelas), perpustakaan, laboratorium (bahasa, komputer dan multimedia), ruang kesenian, dapur umum, sarana olahraga dan kantin (koperasi). *(Red)