Tradisi

Malam Nisfu Sya’ban di Masjid Jami Baiturrahim Jagalempeni

BREBES (Aswajanews.id) – Sebagai tradisi yang berlaku dikalangan nahdliyin malam Nisfu Sya’ban menjadi malam yang ditunggu oleh jamaah masjid Jami Baiturrahim desa Jagalempeni Selatan Kec Wanasari Kab Brebes Malam Nisfu Sya’ban yang bertepatan dengan hari Sabtu malam Ahad diisi dengan pembacaan surat Yaasin 3 kali dan doa Nisfu Sya’ban. Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan dan diikuti oleh jamaah lingkungan masjid Jami Baiturrahim.

“Pagi subuh hari Sabtu kami sudah menyampaikan pengumuman di masjid bahwa nanti malam Nisfu Sya’ban. Oleh karena itu seluruh jamaah masjid dimohon hadir di masjid untuk berdoa bersama dan membaca surat Yaasin. Bahkan saat khutbah jumat kliwon kemarin saya sampaikan pesan tentang Nisfu Sya’ban”, kata Akhmad Sururi selaku Sekretaris MWCNU Wanasari yang menjadi anggota jamaah masjid Jami Baiturrahim.

Tradisi nisfu sya’ban di masjid Jami Baiturrahim desa Jagalempeni Selatan Kec Wanasari Kab Brebes, Sabtu (24/2/2024)

Akhmad Sururi menuturkan bahwa tradisi nisfu sya’ban di masjid Jami Baiturohim sudah berjalan sejak dirinya kecil. ” Saat saya masih anak anak di masjid ini kegiatan nisfu sya’ ban sudah berjalan dibawah bimbingan para Kyai atau ulama setempat. Para jamaah terutama orang tua selalu   menunggu kegiatan ini. Al hamdulillah tradisi ini sampai sekarang tetap berjalan”, lanjut Akhmad Sururi.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu malam Ahad, 24 Februari 2024 dihadiri oleh Ketua Pengurus Masjid, H Mansur Amin dan beberapa tokoh ulama setempat. Pembacaan Yasin dan doa dimulai ba’da magrib sampai Isya yang dipimpin oleh Ust Suharto. *(Red)