Aktual

Halal bi Halal Santri Putri dan Alumni Lirboyo Memperteguh Silaturahmi dalam Menggerakan Peran Santri di Tengah Masyarakat

Hari ini Ahad, 9 Syawal 1444 H bertepatan dengan tanggal 30 April 2023 Penulis mendapatkan undangan kehormatan dalam kegiatan Halal bi Halal yang diselenggarakan oleh Ikatan Santri dan Alumni Pondok Pesantren Putri Lirboyo Kab Brebes. Namun karena ada agenda yang jauh hari sudah direncanakan, akhirnya sebagai rasa khurmat Penulis kepada Panitia yang mengundang, tulisan ini sebagai badal (ganti) atas ketidakhadiran secara fisik bersama santri dan alumni dalam Halal bi Halal. Istri Penulis yang statusnya alumni juga bisa mewakili.

Halal bi Halal yang diselenggarakan oleh santri putri merupakan kegiatan rutin sebagai ikhtiar mempererat Silaturahmi antar santri dan alumni disamping sebagai syiar dakwah Pondok Pesantren. Dua tujuan pokok tersebut menjadi spirit utama yang menjadikan santri Putri bergerak untuk menyukseskan acara Halal bi Halal.

Lebih dari itu sebagai santri tentu memiliki tugas suci yang akan dilaksanakan setelah menjadi alumni. Nasrul Ilmi (menyebarkan ilmu) menjadi tugas suci sesuai dengan dawuh Kyai Sepuh dengan istilah ngadep dampar atau mulang ngaji. Karena sesungguhnya banyak kelompok masyarakat yang membutuhkan pencerahan dengan ilmu agama.

Sebagai santri putri salaf tentu banyak keterbatasan dalam menjalankan tugas suci di tengah masyarakat. Disinilah dibutuhkan jaringan komunikasi dengan beberapa pihak yang bisa memotong keterbatasan tersebut. Sehingga pesan keagamaan (ilmu agama) sampai kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Potensi santri putri untuk mengajarkan ilmu agama sudah bagus. Tahapan berikutnya pada pengembangan potensi agar lebih memiliki makna dan bermanfaat kepada umat tentu dibutuhkan langkah kongkrit. Oleh karena itu peran alumni senior sebagai mentor untuk alumni yang masih muda sangat dibutuhkan. Dengan demikian keterikatan sesama alumni memiliki imbas manfaat.

Momentum Halal bi Halal sebagai wahana pertemuan santri dan alumni bukan sekedar pertemuan serimonial. Namun akan lebih memiliki manfaat yang berkelanjutan bila pertemuan tersebut juga bisa merumuskan langkah kongkrit peran alumni di tengah masyarakat. Hal ini sangat penting agar peta masa depan perjuangan santri putri ada gambaran arah yang jelas setelah bersentuhan dengan komunitas masyarakat. (*)