Pelayanan Publik

Diskanak Kabupaten Sumedang Tahun 2022 Target 13.200 Akseptor IB

Sumedang (Aswajanews.id) – UPTD Pembibitan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang pada tahun 2022 ini ditargetkan bisa mendapatkan 13.200 ekor sapi sebagai akseptor inseminasi buatan (IB).

Menurut Kepala UPTD Pembibitan Kabupaten Sumedang Asep Kurniawan target ini merupakan program nasional guna meningkatkan jumlah populasi sapi. “Untuk target IB di Jabar, Kabupaten Sumedang masuk dalam posisi 5 besar, dimana target Jabar dari Nasional sebanyak 85.000 apseptor,” jelas Asep Jumat (8/4/2022).

Dijelaskan Asep, pihaknya cukup optimis target tersebut dapat tercapai apalagi saat ini para peternak di Sumedang dalam mengawinkan ternak sapinya lebih memilih IB dibandingkan kawin alami. Untuk mengejar target tersebut pihaknya juga akan berupaya lebih meningkatkan sosialisasi pada para peternak dengan memanfaatkan 22 inseminator yang tersebar diberbagai kecamatan. “Kebetulan dari 22 inseminator ini ada juga yang bertugas sebagai penyuluh jadi lebih mudah bagi kami melakukan sosialisasi,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Asep daerah Jatinunggal dan Jatigede permintaan IB nya lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya, hal ini cukup dipahami karena populasi sapi di daerah tersebut cukup banyak. *(sumedangkab.go.id)