Beranda Nasional Ekonomi, Bisnis dan UMKM Bupati Garut Ajak Investor untuk Berkolaborasi Kembangkan Produk Garut

Bupati Garut Ajak Investor untuk Berkolaborasi Kembangkan Produk Garut

KAB.GARUT (Aswajanews.id)Bupati Garut, Rudy Gunawan mengundang para investor untuk datang dan berinvestasi di Kabupaten Garut. Bupati Garut menyampaikan, salah satu teh yang berasal dari daerah Pasangrahan, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut ini memiliki kualitas yang baik dengan harga yang relatif murah yaitu 35 ribu rupiah untuk satu pak teh. Hal ini disampaikannya saat monitoring harga dan ketersediaan pangan di Pasar Guntur Ciawitali, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (13/4/2022).

“Ini teh yang berasal dari daerah Cilawu Kabupaten Garut, teh ini tumbuh di satu kawasan yang namanya daerah Pasangrahan, yang dekat dengan lapang Golf Ngamplang. Daerah itu pernah dikunjungi oleh Charlie Chaplin pada tahun 1926, teh ini luar biasa enaknya tapi ini belum dikelola dengan baik,” ucapnya.

Dikarenakan saat ini belum dikelola dengan baik, Rudy mengajak para investor agar berinvestasi di Kabupaten Garut untuk bisa mengelola produk teh asal Garut yang sudah berkualitas ekspor.

“Saya mengundang para investor ayo datang ke Garut, kembangkan teh Garut, karena teh Garut itu adalah teh yang berkualitas baik, bisa diekspor tapi pengolahannya belum begitu baik,” ujarnya.

Rudy juga menyampaikan pengalamannya ketika berkunjung ke Belgia, dimana ada salah seorang warga yang menyukai teh asal Kabupaten Garut.

“Ada seseorang yang sudah sangat tua dengan berbatasan dengan Belanda, itu mereka bernostalgia katanya kakeknya itu selalu mempromosikan teh yang terbaik itu adalah teh (dari) Kabupaten Garut,” ujarnya.

Begitu pula pada kesempatan yang sama, Bupati Garut juga mengunjungi salah satu toko penjual gula aren di Pasar Guntur Ciawitali.

Rudy kembali mengajak para investor yang akan melakukan kegiatan usaha di bidang gula aren untuk berinvestasi di Kabupaten Garut, yang memiliki kualitas baik dan berasal dari berbagai daerah yaitu Bungbulang, Pakenjeng, Cilawu, Cisewu, dan Talegong.

“Kita mempunyai banyak gula, ini bisa diolah kembali, ini kualitasnya kualitas ekspor, saya mengundang silakan datang ke Garut, datang ke Bupati Garut, kita akan mencoba untuk berkolaborasi,” tuturnya. (Pemkab Garut)