Pelayanan Publik

Tantangan Lembaga Pendidikan di Indonesia

7
Ditulis oleh: Al-Habib Umar Gaurap Al-Attas, M.Pd.
Ditulis oleh: Al-Habib Umar Gaurap Al-Attas, M.Pd.

Terlepas dari kemajuan yang telah dicapai dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, kami rasa masih banyak Lembaga-lembaga pendidikan yang terdapat berbagai macam tantangan yang dihadapi oleh banyak lembaga di pendidikan, terutama Lembaga-lembaga pendidikan swasta yang ada di daerah yang minim sumber daya manusia (SDM). Salah satu masalah yang paling sering kami temui adalah kurangnya pengelolaan sarana dan prasarana yang belum optimal, keterbatasan fasilitas yang ada, manajemen yang kurang efektif, ditambah dengan kurangnya keamanan dan kenyamanan di sekitar lembaga pendidikan, sehingga sering kali menjadi penghambat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Ini menjadi salah satu permasalahan yang memerlukan perhatian lebih lanjut terhadap Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum di Indonesia, agar terciptanya keamanan dan kenyamanan di setiap lembaga pendidikan, terutama dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, infrastruktur dan keamanan di lembaga pendidikan.

Sebab keamanan, fasilitas yang baik, sangat berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikan lebih maju.

Dengan pendidikan yang berkualitas akan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, inovatif, dan siap menghadapi tantangan global.

Berbagai studi telah menunjukkan bahwa kualitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah manajemen pendidikan yang baik. Aspek manajerial, terutama dalam hal pengelolaan fasilitas infrastruktur dan keamanan. Pendidikan memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif.

Dan pendidikan memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang menjadi pondasi utama bagi perkembangan sosial, ekonomi, dan inovasi teknologi di berbagai negara khususnya Indonesia. Dalam era globalisasi dan revolusi industri pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai sarana pengajaran, tetapi juga sebagai wahana pengembangan potensi individu untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat di berbagai bidang.

Kami berharap pemerintah serta aparat penegak hukum memberikan rasa kepedulian yang tinggi dan keamanan yang terjamin di lembaga pendidikan khususnya di lembaga pendidiakan swasta yang ada di daerah yang minim sumber daya manusianya. (*)

www.youtube.com/@anas-aswaja