Nusantara

Ratusan Warga Binaan Lapas Jember Nikmati Suasana Kurban

JEMBER (Aswajanews.id) – Suasana Hari Raya Idul Adha tetap bisa dirasakan oleh warga binaan Lapas Kelas IIA Jember, begitu ucap Kepala Lapas Kelas IIA Jember Hasan Basri pada Kamis (29/06/2023) usai Sholat Idul Adha 1444 H. Mereka, lanjut Hasan, tetap bisa merasakan masakan – masakan khas Idul Adha seperti masyarakat di luar selama menjalani pembinaan dalam Lapas.

“Tahun ini kami menyembelih seekor sapi, dan 9 ekor kambing dari sumbangan bapak ibu pegawai, BSI Jember, Kejaksaan Negeri Jember dan PT. Aning Ponco Basamalah,” sebut Kalapas Jember Hasan Basri. Pimpinan Lapas Jember tersebut juga menyebut bahwa daging penyembelihan diolah menjadi makanan untuk seluruh warga binaan.

“Kita potong secara bertahap untuk warga binaan dan selebihnya akan didistribusikan keluar Lapas,” lanjut Hasan.

“Kami berharap warga binaan secara psikologis bisa merasa seperti di rumah,” ucap Hasan.

Sementara itu, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Sholat Idul Adha digelar di Masjid Al Ikhlas Lapas Jember dan diikuti oleh ratusan warga binaan. Abdul Khobir dari Kementerian Agama Jember hadir sebagai Imam dan Khotib dalam Sholat Id tersebut. “Sholat Idul Adha terselenggara dengan aman dan khusuk,” kata Kalapas Jember. (Erman)