Pelayanan Publik

Posyandu: Pusat Kesehatan Terdepan bagi Ibu dan Bayi

SUMEDANG (Aswajanews.id) – Posyandu merupakan tonggak utama dalam upaya pemantauan kesehatan ibu dan bayi di seluruh Indonesia. Dengan fokus pada penimbangan bayi berkala, posyandu memberikan peran yang tak tergantikan dalam memastikan pertumbuhan yang sehat bagi generasi masa depan.

Posyandu, atau Pos Pelayanan Terpadu, tidak hanya sekadar tempat pemeriksaan kesehatan, tetapi juga sebagai pusat informasi dan pendidikan bagi masyarakat mengenai pentingnya perawatan kesehatan dari awal kehidupan. Di Posyandu, ibu-ibu hamil dan ibu menyusui mendapatkan akses ke layanan medis, saran gizi, serta dukungan psikologis.

Salah satu aspek penting dari kegiatan posyandu adalah penimbangan bayi berkala. “Penimbangan bayi yang rutin adalah kunci untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat,” kata Mala salah seorang kader yang aktif dalam program posyandu di Sumedang.

“Dengan memantau berat badan bayi secara teratur, kami dapat mendeteksi dini masalah kesehatan dan memberikan intervensi yang diperlukan. Sesuai dengan saran dokter di posyandu,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Mala, posyandu juga menjadi platform untuk mendistribusikan suplemen gizi, vaksinasi, dan informasi kesehatan kepada masyarakat. “Melalui posyandu, kami tidak hanya memberikan layanan medis, tetapi juga berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan dari masa kehamilan hingga usia dini,” tambah Mala.

Posyandu bukan hanya tempat bagi ibu dan bayi, tetapi juga menyediakan layanan kesehatan bagi seluruh anggota keluarga. “Kami mendorong seluruh keluarga untuk aktif dalam kegiatan posyandu agar mereka dapat memahami dan mendukung kesehatan anggota keluarga mereka,” lanjut Mala.

Dengan peran yang krusial dalam memastikan kesehatan ibu dan anak, posyandu terus menjadi aset tak ternilai dalam memperkuat fondasi kesehatan masyarakat Indonesia.

Tessa Amelia, ibu yang baru melahirkan bayinya merasa  terbantu dengan adanya Posyandu

Sementara itu Tessa Amelia seorang ibu yang baru melahirkan merasa terbantu dengan adanya posyandu “saya seorang ibu yang sibuk dengan pekerjaan rumah tangga sangat terbantu dengan adanya posyandu dalam memantau kondisi kesehatan anak saya dengan adanya penimbangan berkala di posyandu,” ungkapnya. (Kalbarudin)

www.youtube.com/@anas-aswaja