Beranda Aktual PCNU Brebes Gelar Muskercab I di Pondok Pesantren Al-Hikmah

PCNU Brebes Gelar Muskercab I di Pondok Pesantren Al-Hikmah

BREBES (Aswajanews.id) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Brebes masa khidmat 2022-2027 melaksanakan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) ke-1 Nahdlatul Ulama di Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 pada 10-11 Februari 2023 dengan mengusung tema “Mendidayakan Nahdlatul Ulama Brebes Menjemput Abad Kedua Kebangkitan Baru”.

Muskercab ke-1 PCNU Brebes dibuka langsung oleh Sekretaris PWNU Jawa Tengah KH. Hudallah Ridwan, beliau berharap PCNU Brebes benar-benar bisa digdaya sesuai dengan tema Muskercab yang pertama ini.

“Untuk menuju digdaya maka PCNU Brebes harus bisa mewujudkan 4 penguatan sistem yaitu, penguatan ideologi, penguatan organisasi, penguatan ilmu dan keterampilan dan penguatan dibidang ekonomi,” ucapnya.

Lebih lanjut, apabila ke-empat penguatan sistem tersebut dapat terwujud maka akan mampu menghantarkan pada tujuan didirikanya Nahdlatul Ulama yang mampu mencapai: menjaga harkat manusia, mewujudkan tatanan keadilan, mewujudkan masyarakat berkeadilan, mewujudkan kesejahteraan dan kemaslahatan umat, memajukan bangsa dan mewujudkan Islam rahmatan Lil Al-Amin.

Rois Tanfidziyah PCNU Brebes KH Sholahuddin Masruri dalam sambutan menyampaikan sebagai pengurus NU, Pengurus Badan Otonom, dan lembaga semua di tingkatannya haruslah mampu menjadi khodimul ummah, artinya pelayan umat pada umumnya dan khususnya melayani warga Nahdliyyin, kita semua harus berpikir dan bertindak bagaimana kita mampu untuk mengurus umat, bukan malah berfikir bagaimana pengurus NU justru minta di urusi oleh umat.

Dalam prosesi pembukaan Muskercab 1 Rois Syuriyah KH Hudalloh Karim Karim dan Rois Tanfidziyah KH Sholahuddin Masruri secara bersamaan membacakan bai’at kepada seluruh peserta Muskercab yang terdiri dari Pengurus MWCNU, Lembaga dan Badan Otonom PCNU Brebes dengan tekad dan tujuan agar menyatukan visi tajdidun niat dalam berkhidmat di NU Brebes.

Adapun bai’at tersebut isinya pertama: Setia pada NKRI Berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila, Kedua: Setia pada AD/ART, Perkumpulan NU dan berdasarkan hikmah dan Mahabbah Petunjuk Ulama NU, Ketiga: Menjaga Marwah, Martabat dan selalu Istiqomah, ke-empat: menjadi contoh teladan bagi warga NU, kelima: Menjunjung tinggi Manhaj NU, Firkoh NU, Harokah NU dan Masyayikh NU.

Sementara Sekretaris PCNU Brebes H Zainudin menjelaskan dalam pelaksanaan Muskercab 1 PCNU Brebes akan mendiskusikan dan memutuskan program kerja lima tahun kedepan. Terdapat 5 Komisi yang akan terlibat dan ada akhirnya akan menghasilkan 64 program. Dari komisi manajemen organisasi dan kesekretariatan menyepakati 26 program, komisi keagamaan 15 program, komisi penguatan ekonomi umat 9 program, komisi pendidikan dan Sumberdaya Manusia 12 Program dan komisi kesehatan dan kesejahteraan 12 program.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Muskercab 1 KH. Izzudin Masruri mengucapkan terima kasih kepada para semua peserta yang telah hadir untuk memeriahkan kegiatan Muskercab ke-1 sekaligus menjadi peringatan Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama, Juga melaporkan bahwa Muskercab 1 PCNU Brebes diikuti sebanyak 215 peserta terdiri dari 41 Pengurus Cabang, 85 Pengurus MWCNU dari 17 MWC dan 89 Pengurus Lembaga dari 18 Lembaga se-PCNU Brebes.

“Semoga Muskercab ke-1 ini akan menghasilkan beberapa program-program yang baik serta membawa kemaslahatan bagi Warga NU dan Masyarakat Brebes secara luas,” pungkasnya.

(Pewarta: A’isy Hanif Firdaus/LTN NU PCNU Brebes)