Beranda Nusantara Menjaga Tradisi Aswaja, GP Ansor Rengasbandung Adakan Tarling

Menjaga Tradisi Aswaja, GP Ansor Rengasbandung Adakan Tarling

BREBES (Aswajanews.id) – Pada kesempatan yang berbahagia tentu menjadi nikmat dan syukur dirasakan oleh setiap muslimin dan muslimat dalam menyambut dan menjalani bulan Ramadhan yang penuh keberkahan. Dalam kesempatan ini Gerakan Pemuda (GP) Ansor ranting Rengasbandung Jatibarang Brebes mengadakan program setiap datangnya bulan Ramadhan yaitu “tarling” atau biasa disebut di kampung tarawih keliling. Tujuan tarawih keliling adalah sebagai syiar Gerakan Pemuda Ansor Rengasbandung untuk sama-sama menjalankan perintah agama Islam yaitu meramaikan masjid dan mushola dengan ibadah-ibadah yang dianjurkan dan diperintahkan.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Ranting Rengasbandung sahabat Nurkholis mengatakan, dalam sambutannya pada pelaksanaan tarawih keliling kepada jamaah kaum muslimin dan muslimat diantaranya, Gerakan Pemuda Ansor Ranting Rengasbandung adalah organisasi pemuda yang berahlusunnah waljamaah insyallah siap lahir batin menjaga akidah aswaja kita bersama.

“Kita punya kemandirian ummat yaitu adanya program koin ansor yang digunakan untuk kemaslahatan seperti membantu musibah, bencana, dan kepedulian sosial sesama,” ujarnya.

Dikatakan Nurkholis, setiap minggu selalu istiqomahkan mengadakan majelis rijalul ansor dengan tujuan silaturahim dan menjaga tradisi ahlu sunnah waljamaah. Menurutnya, setiap menjelang idul fitri GP Ansor mengadakan bakti ummat yaitu membersihkan makam-makam di desa dengan para masyarakat pada umumnya. Selain itu, setiap bulan ramadhan pemuda ansor mengadakan tarawih keliling setiap mushola dan masjid yang ada di desa Rengasbandung.

“Kemudian dalam kesempatan ini bertepatan dengan adanya peringatan nuzulul qur’an dan khotmil qur’an yang bertempat di masjid baitul istiqomah. Sehingga gerakan pemuda ansor turut serta mengisi dan meramaikan majelis pengajian dengan tujuan ngalap barokah bersama sama dengan para jamaah,” tambahnya.

Ust. Nurowi selaku ulama setempat dalam ceramahnya mengatakan, bahwa tradisi khataman al quran, unggah-unggahan, udun-udunan adalah tradisi ahlu sunnah waljamaah dengan kita memperingati hari turunnya al quran dan kita memperingati bulan ramadhan menjadi perantara kita semakin menambah ketakwaan pada Allah Swt. Maka melalui pengajian nuzulul qur’an ini kita bersama sama meneladani isi kandungan Al Qur’an sehingga kita semakin taqwa iman islam dan mantap ahlu sunnah waljamaah.

Dalam acara ini turut hadir wakil ketua PAC Ansor Jatibarang Sahabat Adib AsSyadzili yang juga sebagai imam sholat tarawih pada pelaksanaan tarawih keliling dan bersama Sahabat Naufal Husni sebagai wakil ketua PAC Ansor Jatibarang, serta kepala desa, ulama setempat, tokoh masyarakat, Gerakan Pemuda Ansor Ranting Rengasbandung dan para jamaah sekalian. *(Handika Naufal Husni/Sekretaris LTN NU Brebes)