Aktual

Ketua MWC NU Larangan Melepas Keberangkatan Santri Lirboyo

BREBES (Aswajanews.id) – Ribuan santri Lirboyo yang berdomisili di Brebes berangkat dengan rombongan menggunakan 22 armada bus. Rombongan yang terbagi dalam beberapa titik kumpul dilepas secara simbollis oleh Penasehat PC HIMASAL Brebes yang sekaligus sebagai Ketua MWC NU Kec Larangan, KH Athoilah Sofyan. Dalam kesempatan tersebut, Beliau bersama dengan Ketua PAC HIMASAL Kec Larangan dan Wali Santri memanjatkan do’a pelepasan untuk keselamatan dan kelancaran perjalanan.

Pelepasan yang berlangsung di area parkir Pondok Pesantren Tahfidzul Quran H Nuridin Idris Kedawon pada hari Sabtu, 6 Mei 2023, dihadiri oleh beberapa pengurus HIMASAL Kec Larangan, Wali Santri dan beberapa alumni setempat.

Ribuan santri Lirboyo yang berdomisili di Brebes berangkat dengan rombongan menggunakan 22 armada bus

Kordinator Panitia Rombongan, Miftahusalam menyampaikan bahwa Santri Brebes serentak berangkat pada malam ini (malam Ahad). Seluruh santri Brebes baik putra dan putri yang mondok di Lirboyo Jawa Timur serentak berangkat malam ini. “Titik keberangkatan dibagi beberapa tempat kumpul dan semua rombongan bus akan berkumpul di pintu tol Brebes Timur,” kata santri senior Pondok Pesantren Lirboyo.

Ada beberapa zona titik pemberangkatan rombongan. Wilayah Kecamatan Larangan, Ketanggungan, Kersana, Wanasari, Brebes, Bulakamba dan Jatibarang.  Masing-masing bus ada kordinator panitia yang mengurusi dan melayani peserta rombongan. Perjalanan dari Brebes menuju Lirboyo akan ditempuh kurang lebih 12 jam, imbuh santri asal Jagalempeni.

Di tempat terpisah Akhmad Sururi selaku Sekretaris PAC HIMASAL Kec Wanasari, menyampaikan selamat jalan dan apresiasi kepada PC HIMASAL yang telah membantu terlaksananya pemberangkatan santri Lirboyo. Kami ucapkan selamat dan semoga sampai di Lirboyo dengan lancar tanpa ada hambatan untuk seluruh rombongan bus santri Lirboyo.

“Kita ikut berbangga menjadi santri Lirboyo yang saat ini di Brebes menurut informasi mencapai seribu lebih. Malam ini mereka berangkat untuk mencari ilmu dengan meninggalkan kampung halaman masing-masing,” ujar Akhmad Sururi.

“Semoga mereka diberikan kekuatan dan ilmu yang manfaat. Khusus untuk santri baru semoga betah di Pondok Pesantren Lirboyo,” pungkas alumni Lirboyo angkatan tahun 2000. *(Red)