Tradisi

Lestarikan Seni Budaya Sunda, Puncak Ngahiji Gelar Puncak Fashion Week

BOGOR (Aswajanews.id) – Wilayah Puncak Kabupaten Bogor, Sabtu 25 Februari 2023 dipenuhi banyak warga, baik lokal maupun wisatawan. Pengunjung sangat antusias menyaksikan beragam penampilan pentas seni budaya sunda yang diprakarsai Puncak Ngahiji.

Paguyuban Puncak Ngahiji yaitu Aliansi Masyarakat Cisarua, Mega Mendung, dan Ciawi Kabupaten Bogor.

Perhelatan Seni dan Budaya yang digelar di Pasar Pafesta Cisarua, Kabupaten Bogor diikuti oleh berbagai tampilan seni budaya diantaranya Wayang Bambu, Tari Jaipongan, Pencak Silat, Atraksi Debus, Seni musik Tradisional Karinding dan Celempung.

Sementara itu, untuk peserta fashion dipilih dari penjuru Bogor Raya melalui talent scouting yang sudah dibentuk oleh panitia. Adapun tujuan acara tersebut untuk menaikkan branding kawasan Puncak Bogor. Selain itu, event itu juga diharapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat setempat.

Hadir dalam kegiatan itu diantaranya Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor, Muspika setempat juga para Sesepuh, Budayawan, dan praktisi Seni Tradisi.

Ketua panitia Puncak Fashion Week, Nani Rohaini dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para pendukung acara. Dalam kegiatan tersebut, dirinya mengaku berniat untuk melestarikan seni dan budaya.

“Kami hanya berniat melestarikan budaya, ngamumule seni budaya, dan tidak lupa akan purwadaksi,” ungkap Nani.

Sementara itu, ketua bidang Seni Budaya Puncak Ngahiji, Aldo Yustandi menyampaikan rasa syukur atas kegiatan tersebut di tengah kurangnya perhatian dari aparatur pemerintahan.

“Dengan segala kekurangan kami, masih banyak saudara kami yang sayang dan mendukung penuh kepada kami,” imbuh dia.

Pria yang akrab di sapa Ki Maung ini juga menyayangkan kurangnya perhatian pemerintah dalam penyelenggaraan kegiatan Puncak Fashion Week tersebut.

“Kami berjibaku untuk dapat menyelenggarakan Poencak Fashion Week ini, dengan dana yang sangat minim,” kata Ki Maung.

“Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar, agar acara ini bisa berlangsung selama tiga bulan kedepan, sebab rencananya acara ini akan digelar setiap weekend terhitung pada Februari mendatang,” ungkapnya. *(Red)