Beranda Aktual Habib Ridho Al-Habsyi Pembicara Haul Akbar Mbah Kyai Amari dan Halal bi...

Habib Ridho Al-Habsyi Pembicara Haul Akbar Mbah Kyai Amari dan Halal bi Halal

BREBES (Aswajanews.id) – Keluarga Besar Bani KH Amari yang diprakarsai Kyai Amir Pemalang menggelar Haul Akbar Mbah Kyai Amari bin Kyai Salka ke-61 dan Halal bi Halal bertempat di Komplek Makam Mbah Juminten Kelurahan Gandasuli Brebes, Jawa Tengah, Minggu (21/5/2023).

Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB yang dibuka dengan pembacaan tawasul, Maulidurrasul SAW, dzikir, dan do’a bersama dilanjutkan dengan Mau’idhoh Hasanah oleh KH Habib Ridho Al-Habsyi dari Pemalang.

Hadir pada acara tersebut Lurah Gandasuli Kasmono, SE, Forkopimcam Brebes, Ketua LTN PCNU, Pengurus NU (Ranting, MWC, PC), tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Ansor/Banser, JRA Brebes, para ulama dan sesepuh serta Jamaah Al Khidmah Brebes dan Pemalang.

Ketua Panitia Kyai Amir didampingi Sekretaris Kliwon Sukardi mengatakan, Haul Akbar kali ini merupakan haul yang pertama kali diadakan di Gandasuli.  Ia atas nama keluarga besar Bani Kyai Amari mengungkapkan rasa syukur alhamdulillah kepada Allah SWT atas terselenggaranya Haul Akbar dan berharap terus diadakan setiap tahunnya.

Ziarah kubur, lanjut Kyai Amir, terutama ke makam orang tua adalah supaya Allah mengampuni dosa-dosa si pelaku ziarah kubur dan dicatat sebagai anak yang berbakti kepada orang tua. Melakukan ziarah kubur akan mengingatkan manusia akan adanya hari kematian dan kehidupan selanjutnya di akhirat. Dengan mengingat kematian dan kehidupan di akhirat dapat mendorong manusia untuk semakin rajin dalam beribadah, berbuat kebaikan dan beramal saleh.

KH Habib Ridho Alhabsyi dari Pemalang dalam menyampaikan Mau’idhoh hasanah pengajian Haul Akbar inipun mengajak semua masyarakat yang datang untuk menjadikan pengajian ini sebagai ajang mempererat silaturahmi. Pengajian dalam rangka Haul ke-61 KH. Amari Bin Kyai Salka kali ini juga diharapkan menjadi penguat niat beragama, berbangsa, dan bernegara.

Habib Ridho meyakini bahwa yang kita hadiri dan hauli pada hari ini merupakan Beliau Walinya Allah yang semoga terus membawa keberkahan bagi warga sekitar dan menjaga penjaga hati umat Islam di Kecamatan Brebes Khususnya. (Elisa Nurasri / Red)