Ekonomi, Bisnis dan UMKM

Pulihkan Ekonomi Masyarakat, ”Rest Area” Jadi Pasar Rakyat Ramadhan

Purbalingga (Aswajanews.id) – Tempat peristirahatan alias rest area Bobotsari akan dimanfaatkan sebagai Pasar Rakyat Berkah Ramadhan. Pasar yang berada di jalan provinsi penghubung Bobotsari – Karangreja tersebut dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Loskar Mulia Desa Karangduren, Kecamatan Bobotsari.

Kepala Desa Karangduren Setyo Pamungkas mengungkapkan, pasar rakyat tersebut menyediakan aneka kebutuhan ramadan, seperti buah-buahan, takjil, dan aneka menu makanan berbuka puasa. Saat ini pasar menampung 40 orang pedagang yang berasal daro Desa Karangduren.

“Pasar ini buka mulai jam 1 siang (pukul.13.00) sampai dengan maghrib. Mudah-mudahan pasar ini akan terus ada di tahun-tahun yang akan datang,” katanya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, mengungkapkan, pengalihfungsian rest area menjadi pasar rakyat sejalan dengan program pemerintah saat ini, yakni pemulihan ekonomi.

“Kita berharap pasar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan bisa memulihkan perekonomian masyarakat di Desa Karangduren,” katanya.

Bupati menginformasikan, Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga memiliki program pemulihan ekonomi lainnya, yakni berupa dana stimulan sebesar Rp10 juta-Rp30 juta untuk masyarakat, baik pelaku UMKM, kelompok tani, maupun pegiat wisata.

“Nah karena saya lihat di sini kelihatanya para pedagang kuliner ini punya kelompok, ini bisa diusulkan kepada Dinas Koperasi dan UKM Purbalingga untuk mendapatkan dana stimulan ini. Tentu sebelumnya akan disurvei,” ungkapnya. *(Humas Purbalingga)