Beranda Pendidikan PKBM Luhur Pekerti Bantu Warga Putus Sekolah Melanjutkan Pendidikan

PKBM Luhur Pekerti Bantu Warga Putus Sekolah Melanjutkan Pendidikan

INDRAMAYU (Aswajanews.id) – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Luhur Pekerti yang beralamat di Desa Sukahaji Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu Jawa Barat,siap mendukung Program Bupati  Nina Agustina, dalam upaya menekan angka warga yang putus sekolah.

Kerja keras yang dilakukan oleh Luhur Pekerti ternyata membuahkan hasil. Warga belajarnya tetap produktif hingga sampai detik ini. Hal itu juga tidak terlepas dari Program Kejar Paket (Ja-ket) yang digagas oleh Bupati Indramayu Nina Agustina. Tentunya, menjadi motivasi sendiri bagi pihak Lembaga untuk mencari sebanyak-banyaknya Warga Belajar tanpa pandang usia, Selasa (18/04/2023).

Ketua Yayasan PKBM Luhur Pekerti Rastilah, S.Pd. mengungkapkan, semenjak adanya program Ja-ket yang digagas oleh Nina Agustina memberikan motivasi bagi warga yang putus sekolah yang ingin melanjutkan pendidikannya yang lebih tinggi.

“Jaket memberikan motivasi Warga putus sekolah, dan tentunya membantu dalam urusan pembiayaan sehingga selain dari pemerintah pusat, juga ada dari pemerintah daerah,” ujarnya, Selasa (18/04/2023).

Rastilah menyampaikan, bahwa program Bupati Indramayu sangat selaras dengan tujuan PKBM Luhur Pekerti didirikan. Yakni, sebagai solusi membantu masyarakat yang putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidiknya. Serta, motivasi tersendiri bagi lembaga juga bagi Pemda dalam upaya peningkatan IPM bidang pendidikan, dan khusunya bagi lapisan masyarakat yang masih memiliki keinginan menuntut ilmu namun terkendala faktor ekonomi dan lain-lain.

Ia mengajak warga masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan kejar paket bisa melalui lembaga pendidikannya. “Tidak usah minder, usia berapun pasti kami terima, dan terkait waktu pembelajaran di PKBM Luhur Pekerti hanya sehari (hari Minggu mulai dari jam 08.00 s.d 16.00 WIB),” ungkapnya.

Penyerahan Modul Pembelajaran kepada WB Paket C

Diketahui, Pengelola PKBM Luhur Pekerti berkerjasama dengan CV Damar Indah Kencana (DIK) selaku mitra Pengadaan Buku sekolah. Yang mana, sebelum bulan Ramadan tahun ini. PKBM Luhur Pekerti telah memberikan bekal berupa buku modul pembelajaran kepada warga belajar dimulai dari paket A, B dan C. Tentunya, langkah yang tepat guna meningkatkan ilmu pengetahuan mereka.

Adapun Visi Misi dari PKBM Luhur Pekerti sendiri meliputi, Cerdas memiliki arti mendidik masyarakat agar cerdas dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah. Etis memiliki arti menjunjung tinggi nilai moral Pancasila dan UUD 1945. Religius memiliki arti mengajarkan dengan dasar agama agar tercipta masyarakat yang bertaqwa. Mandiri memiliki arti memberikan bekal ilmu agar menjadi pribadi yang mandiri. Aman memiliki arti menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dan Terampil memiliki arti membekali dengan berbagai ketrampilan agar mereka mampu bersaing.

Sedangkan Misi yang digagas oleh Luhur Pekerti, mewujudkan komunitas masyarakat yang memiliki daya saing tinggi, cerdas, bermoral, bertaqwa dan memiliki berbagai kecakapan hidup demi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan yang lebih baik dalam tatanan kehidupan yang kondusif. (Sanaji)