Tradisi

Lestarikan Budaya Leluhur, Pemdes Wanasari Gelar Tradisi Mapag Sri

INDRAMAYU (Aswajanews.id) – Dalam rangka menyambut panen raya padi, Pemerintah Desa Wanasari melaksanakan adat desa yaitu adat Mapag Sri. Kegiatan Mapag Sri diisi dengan kegiatan doa bersama disertai kumpul tumpeng yang dilakukan warga masyarakat Desa Wanasari. Supaya para generasi muda dapat mengingat dan mempertahankan budaya leluhur, sehingga acara Adat Mapag Sri setiap tahunnya selalu diselenggarakan dengan diiringi pagelaran seni wayang kulit sesuai amanat para leluhur desa wanasari kegiatan bertempat di Balai Desa Wanasari Kecamatan Bangodua Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Pada hari Jum’at (10/5/2024).

“Kami Pemerintah Desa Wanasari melaksanakan acara adat Mapag Sri ini merupakan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rejeki kepada kita semua, semoga pertanian di Desa Wanasari memperoleh hasil yang maksimal, sesuai harapan Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina untuk mewujudkan Indramayu sebagai lumbung pangan Nasional,” ungkap Kades Wanasari, Tarsono, ST.
Kegiatan Adat Mapag Sri dihadiri Muspika kecamatan Bangodua, Camat Bangodua, Kasi Trantib kecamatan Bangodua, Pj kepala desa Rancasari Pj Kepala Desa Tegalgirang, Pj kepala desa Beduyut, Pj Kepala Desa Malangsari, Pj kepala desa Mulyasari, Ketua BPD, MUI, LPM, Karangtaruna, RT, RW serta Tokoh Masyarakat Desa wanasari.

Camat Bangodua Raden Mas Wahyu Adhiwijaya, S.STP, M.Si. menyatakan komitmennya untuk mewujudkan visi misi yang berkelanjutan untuk memajukan Kabupaten Indramayu.

“Langkah ini sesuai dengan program-program yang telah dirancang oleh Bupati Hj. Nina Agustina untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indramayu,” ungkapnya.

Camat Bangodua Raden Mas Wahyu Adhiwijaya, S.STP M.Si, menyampaikan tekadnya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan berbagai program pembangunan yang bertujuan untuk menciptakan Indramayu yang bermartabat.
Camat Bangodua berharap panen di Desa Wanasari semoga hasil panen ini akan melimpah dan dapat dilancarkan dalam proses panen serta menghasilkan padi yang berkualitas, harapnya.
Kades Wanasari Tarsono, ST berharap kepada semua lembaga dan elemen masyarakat bersatu dan bersama sama untuk memajukan Desa Wanasari serta mendukung program Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina yang selama ini sudah banyak manfaat yang dirasakan seluruh warga masyarakat, guna mewujudkan Indramayu Bermartabat. (Prapto /Herman Tongol)