Tradisi

Kemenag Jabar Sinergi dengan BAZNAS dan LAZ Berbagi Takjil Ramadhan

BANDUNG (Aswajanews.id) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat melaksanakan program Berbagi Takjil Ramadhan Bersama Lembaga Amil Zakat Jawa Barat di depan kantor Jl. Jenderal Sudirman No. 644 Kota Bandung pada Kamis (14/3/2024). Kegiatan ini dilaksanakan atas sinergi dengan Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat dan Lembaga Amil Zakat se-Jawa Barat.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. Jajang Apipudin, M.Ag mengatakan bahwa kegiatan berbagi takjil ini dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap sesama pada Bulan Ramadhan 1445 H yang merupakan bulan penuh keberkahan.

“Kegiatan berbagi takjil dilaksanakan selama 10 hari ke depan setiap pukul 17.00 WIB, ditujukan bagi masyarakat pengguna jalan yang melewati Jalan Sudirman dan pejalan kaki,” ucapnya.

Jajang menambahkan bahwa setiap harinya ada 100 buah takjil yang dibagikan. Ia berharap, berbagi takjil dapat membangun semangat dan motivasi yang tinggi dalam berbagi kepada sesama yang lagi melaksanakan ibadah puasa.

”Merupakan bulan yang penuh berkah untuk berbagi bersama sesama dan mengatakan tujuan dari pembagian takjil ini untuk meningkatkan rasa peduli dengan sesama umat muslim dan rasa syukur kepada Allah karena masih dipertemukan dibulan suci Ramadhan tahun ini,” tutur Jajang.

Salah seorang pengemudi, Rita, yang menerima takjil mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenag Jabar.

”Bagi kami yang seringkali harus buka di jalan karena belum sampai dirumah, takjil gratis seperti ini sangat bermanfaat, karena kami bisa membatalkan puasa tanpa harus membeli dulu di jalan seperti ini,” ungkap Rita.

Rita berharap semoga berbagi takjil ini menjadi kegiatan rutin dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Jawa Barat.

”Bulan yang segala amal sholeh kita dilipat gandakan pahalanya serta bulan yang didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Artinya saat ini adalah saat yang tepat untuk kita berbuat baik dan beramal sholeh dengan saling berbagi, semoga dapat continue,” harapnya. (Kontributor : Shinta)

Editor : Elisa Nurasri