Pelayanan Publik

Pembangunan Kantor MUI Kuningan Mulai Digarap, Target Rampung Juli 2024

KUNINGAN (Aswajanews.id) – Momentum penting dalam pembangunan infrastruktur keagamaan di Kabupaten Kuningan kembali diabadikan dengan penuh kekhidmatan. Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kuningan, Rabu (20/3/2024). Proyek megah ini menjadi tonggak sejarah baru dalam upaya memperkuat infrastruktur keagamaan di Kabupaten Kuningan.

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar bahwa pembangunan seluas 225 meter persegi ini rencananya akan rampung pada bulan Juli. “Dengan lokasi yang strategis di utara Masjid At-Taufik Kuningan Islamic Center, gedung kantor MUI Kabupaten Kuningan direncanakan memiliki luas bangunan mencapai 225 meter persegi dengan 2 lantai. Proyek ini akan digarap mulai bulan Maret ini dan dijadwalkan akan rampung pada bulan Juli, serta diharapkan sudah bisa digunakan pada bulan Agustus mendatang”, terangnya.

Menurut PJ Bupati, Iip Hidayat pembangunan gedung kantor MUI ini menjadi bagian dari komitmen pemerintah dalam memberikan fasilitas yang memadai bagi lembaga keagamaan untuk menjalankan aktivitasnya dengan lebih baik. “Pembangunan gedung kantor MUI ini merupakan wujud nyata dari dukungan pemerintah terhadap pengembangan infrastruktur keagamaan di Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Lebih lanjut, rencananya, kompleks KIC akan menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Kuningan, dimana Pemda Kuningan akan berpindah di KIC pada Agustus mendatang. Saat ini, PLHUT Kabupaten Kuningan juga beroperasi di KIC yang akan disusul oleh Gedung MUI.

“Kami berharap dengan adanya gedung kantor MUI yang representatif ini, pelayanan kepada masyarakat terkait berbagai hal yang berkaitan dengan keagamaan akan semakin optimal,” imbuhnya.

Dalam prosesi peletakan batu pertama ini, turut hadir sejumlah pejabat terkemuka, termasuk PJ Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuningan, Ketua MUI Kabupaten Kuningan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), serta beberapa pejabat terkait lainnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, Ahmad Handiman Romdony mengatakan, “Peletakan batu pertama ini menjadi momen bersejarah bagi Kabupaten Kuningan, menandai langkah awal dalam membangun infrastruktur yang mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan dan pelayanan kepada umat Islam di Kabupaten Kuningan. Semoga dengan pembangunan gedung kantor MUI ini, akan semakin memperkokoh ukhuwah islamiyah dan mempercepat kemajuan Kabupaten Kuningan ke arah yang lebih baik”, tuturnya. (Kontributor : Azam Fathoni)

Editor : Elisa Nurasri