Aktual

Kabupaten Banjarnegara Siap Sukseskan Porsadin Jawa Tengah

BANJARNEGARA (Aswajanews.id) – Perhelatan Pekan Olahraga dan Seni antar Diniyah PORSADIN tingkat Provinsi Jawa Tengah akan digelar di Kab Banjarnegara pada Jumat sampai dengan Sabtu, 20 s.d 21 September 2024. Berbagai persiapan teknis tengah dilakukan oleh Panitia Daerah dan Panitia Propinsi Jawa Tengah.  Bertempat di aula Kemenag Kab Banjarnegara berlangsung Rapat Kordinasi Panitia untuk yang terakhir dengan membahas segala persiapan pembukaan, perlombaan dan penutupan.

Rapat Kordinasi Panitia Porsadin Jawa Tengah di aula Kemenag Banjarnegara

Dalam kesempatan tersebut, Akhmad Sururi selaku Steering Committee (Ketua Panitia Pengarah) mengatakan, rapat ini adalah rapat yang terakhir yang merupakan tahapan perencanaan kegiatan Porsadin di Kab Banjarnegara. Beberapa persiapan teknis secara maraton sudah dibahas bersama dengan Panitia Daerah dibawah komando Gus Zahid. Segala persiapan dari Pemda Banjarnegara dan Kementerian Agama Banjarnegara sudah hampir finishing. Jadi ibarat orang hajatan, tinggal menunggu Pembukaan besok hari Jumat, 20 September 2024.

“Kita berharap semua persiapan yang sudah dilakukan oleh Panitia bisa berjalan dengan sukses dan lancar. Hari ini, Sabtu 14 September 2024, adalah pertemuan atau rapat cheking terakhir persiapan pelaksanaan kegiatan Porsadin dengan mengundang Ketua dan Sekretaris DPC FKDT Kab/Kota se-Jawa Tengah dan dewan Juri. Sehingga setelah pertemuan ini diharapkan semua disiapkan dengan sebaik baiknya,” kata Akhmad Sururi d ihadapan peserta rapat.

Pada saat awal sambutan pengarahan, Akhmad Sururi menegaskan bahwa kegiatan Porsadin menjadi bagian dari wahana memperkuat Ukhuwah antar Madrasah Diniyah di Jawa Tengah. Lebih dari itu perlombaan yang kita laksanakan untuk mengukur potensi dan kompetensi santri diniyah baik dibidang seni maupun olahraga. Oleh karena itu kepada dewan juri agar melaksanakan tugas secara profesional agar hasil dari Porsadin tingkat Provinsi Jawa Tengah betul betul layak untuk maju di tingkat nasional.

“Kepada semua ketua DPC FKDT Kab/Kota se-Jawa Tengah saya minta jangan hanya mencari kemenangan atau juara dengan mengedepankan ego sentris daerah masih masing. Akan tetapi kita junjung sportifitas, kejujuran, kompetensi dan keadilan. Ini sangat penting agar peserta yang lolos betul betul berdasarkan penilaian yang profesional,” imbuh Wakil Ketua DPW FKDT Jawa Tengah.

Senada dengan Akhmad Sururi, Kabid PD Pontren Kanwil Kemeng Jawa Tengah melalui Ketua Tim MDT, Hj Aini Sa’adah berpesan agar semua dewan juri bersikap adil dan profesional. Sportifitas harus kita jaga, karena Porsadin Jawa Tengah menjadi bagian dari seleksi, maka kita berharap bisa menghasilkan bibit yang hebat untuk maju di tingkat nasional.

“Dalam rangka hal tersebut, insya Allah Kanwil Kemeng akan merencanakan kegiatan pembekalan untuk peserta yang lolos di tingkat propinsi. Jadi untuk persiapan dan pembekalan peserta agar ada traning center dengan karantina selama 2 hari,” kata Hj Aini.

Saat pembukaan dalam Rapat tersebut, Gus Zahid selaku Ketua Panitia Daerah mengatakan semua kepanitiaan sudah siap. Lokasi lomba dan penginapan peserta juga sudah dipersiapkan oleh Panitia. Khusus untuk olahraga kami melibatkan Koni Kabupaten yang hari ini bisa dihadirkan. “Banjarnegara siap menyukseskan Porsadin Jawa Tengah, semoga ramai, meriah dan lancar meskipun dengan sederhana,” kata Gus Zahid.

Rapat yang diselenggarakan di aula kantor Kemenag Kab Banjarnegara, dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris DPC FKDT Kab/Kota se-Jawa Tengah. Hadir dalam kesempatan tersebut Dewan Juri Porsadin dan Panitia Daerah. Ketua DPW FKDT Jawa Tengah, Kyai Abdul Rohman juga hadir dan memberikan sambutan Penutupan. *(Red)

www.youtube.com/@anas-aswaja