Beranda Aktual Jelang Idul Fitri, Ansor Rengasbandung Bersih-Bersih Makam

Jelang Idul Fitri, Ansor Rengasbandung Bersih-Bersih Makam

BREBES (Aswajanews.id) – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Rengasbandung Jatibarang Brebes melakukan gerakan bersih-bersih makam di kawasan makam (TPU) Rengasbandung. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua anggota Ansor, Banser dan masyarakat.

Ketua Ansor Rengasbandung Sahabat Nurkholis mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan di desa kami khususnya pada gerakan pemuda ansor. Tujuan acara ini adalah menyambung silaturahim antar anggota dan masyarakat di sekitar makam, guna syiar ansor dan banser berkhidmah kepada masyarakat.

Lebih lanjut Wakil Ketua Ansor Jatibarang Sahabat Naufal Husni mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini merupakan implementasi dari hadist Nabi Saw. “Kebersihan sebagian dari Iman” dan juga memberikan kenyamanan nantinya bagi para peziarah kubur pada saat datang ke makam.

Kegiatan ini dilakukan atas dasar keikhlasan sahabat Ansor Banser dalam merawat kebersihan makam. Selain itu kegiatan bersih-bersih makam ini juga berkolaborasi dengan banom NU lain yaitu para pelajar NU atau IPNU di tingkat ranting. Dan manfaat lainnya dapat meningkatkan kesadaran warga. Masyarakat akan semakin sadar tentang kebersihan dan kebersamaan. Contoh yang bisa diterapkan adalah tidak membuang sampah sembarangan dan merawat makam agar tetap nyaman ketika ada ziarah kubur.

“Bersih-bersih makam dilaksanakan ketika menjelang idul fitri H-3 dengan rangkaian kegiatan mulai dari bersih-bersih makam sampai pada acara buka bersama dengan sahabat Ansor Banser serta masyarakat desa,” ujar Naufal. *(Handika Naufal Husni/Sekretaris LTN NU Kab. Brebes)