Beranda Pendidikan Ciamis Juara Umum MTQ Difabel

Ciamis Juara Umum MTQ Difabel

Bandung (Aswajanews.id) – Kabupaten Ciamis keluar sebagai juara umum dalam grand final Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Difabel I tingkat nasional, yang berlangsung di Gedung Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro Bandung, Selasa (11/1/2022). Lima peserta dari Ciamis berhasil menyabet kejuaraan dengan nilai yang signigfikan. Juara kedua diraih Kabupaten Cianjur, juara ketiga Kabupaten Tasikmalaya dan Sukabumi.

“Kegiatan MTQ ini diikuti 22 peserta yang terpilih masuk tahap grand final, setiap pemenang mendapatkan uang pembinaan dan trofi,” kata panitia penyelenggar H. Ijang Faisal saat mengumumkan hasil final MTQ Difabel tersebut. Sementara peringkat ke empat Kabupaten Sumedang; peringkat kelima Provinsi Aceh; peringkat keenam Pangandaran; peringkat ketujuh Kota Bandung, Kab. Bandung Barat dan Di Yogyakarta. Hadiah diserahkan Sekjen Kemenag Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag.

Menurut panitia, MTQ Difabel diselenggarakan dalam kaitan milad ke-24 Pusdai Jabar. Kegiatan tingkat nasioal tersebut merupakan ajang ekspresi penyandang disabilitas, dalam penghayatannya terhadap keimanan dan peribadatan sebagai muslim dan muslimat. Tujuannya, untuk memberi ruang seluas-luasnya kepada penyandan disabilitas dalam mengekspresikan khasanah keluasan ilmu dan budaya Islam.

Pesertanya terdiri dari penyandang tunanetra, tunadaksa, tunagrahita dan tunarungu dari berbagai wilayah Indonesia. Pada kegiatan tersebut dilombakan empat cabang yang meliputi doa harian dan adzan, tilawah, kaligrafi dan tahfidz.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Dr. H. Adib, M.Ag., mengungkapkan, MTQ Difabel I tingkat nasional, merupakan inspirasi yang penting bagi masyarakat luas. Selain menunjukkan kemampuan yang luar biasa meski dalam keterbatasan, kegiatan ini juga secara tidak langsung sebagai ajakan agar semua pihak memperhatikan kalangan difabel.

“Pelaksanaan MTQ Difabel tingkat nasional ini masih sederhana. Tapi Jawa Barat telah memulainya. Kita berharap nanti bisa berlangsung secara lebih massal. Lebih mengapresiasi kaum difabel. Kegiatan ini sesuatu yang membanggakan kita. Asosiasi Perempuan Disabilitas dan Lansia Jabar merupakan penggagas acara ini,” ujarnya.

Para Juara

Berikut ini, daftar para juara secara lengkap. Untuk cabang adzan (putra), juara pertama Ihsanur Karim dari Kab. Sukabumi, juara kedua Dandan (Cianjur) dan juara ketiga Wenda Pramana (Kab. Bandung). Kemudian cabang doa harian (putri), Laras (Cianjur), Rahma Rahmadani (Ciamis), dan Ira Wulandari (DI Yogyakarta).

Cabang tahfidz Quran (putra), U. Nasihin (Kab. Tasikmalaya), Walid Sahab (Kota Cimahi), dan Zainal Arifin (Kab. Bandung). Tahfidz putri, Via Farah Dilla (Provinsi Aceh), Meli Sofi (Ciamis), dan Tati Melani (Cimahi).  Untuk cabang tilawah putra, Ruhiyat (Sumedang), Ade Rohman (Kab. Sukabumi), dan Iwan Taufik (Kab. Bandung Barat).

Tilawah putri, Nani (Cianjur), Cucu (Kab. Tasikmalaya), dan Puspitasari (Pangandaran). Sedangkan kaligrafi putra, Dian Ramdani (Ciamis), Bayu Firdaus (Ciamis), serta Ayo Prianyo (Pangandaran). Untuk kaligrafi putri hanya seorang yaitu Zyan Shafi N.A (Kota Bandung). *(Kontributor : Eva Nurwidiawati)