Aktual

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam Sesuai Anjuran Rasulullah

Salah satu amalan yang dianjurkan di momen pergantian Tahun Baru Islam adalah membaca doa. Lantas seperti apa bacaan doa akhir dan awal tahun hijriyah yang dianjurkan dalam Islam?

Jika mengacu pada kalender Islam Hijriyah yang dirilis oleh Kementerian Agama RI, pergantian Tahun Baru Islam 1445 H ini akan jatuh pada hari Rabu 19 Juli 2023. Dengan demikian, malam pergantian tahun dimulai sejak masuk waktu maghrib malam ini, Selasa 18 Juli 2023.

Pada saat pergantian tahun tersebut, umat Islam bisa mulai untuk membaca doa-doa khusus untuk akhir dan awal tahun ini.

Lantas seperti apa bacaan doa akhir dan awal tahun Hijriyah yang dianjurkan dalam Islam?

Berikut penjelasannya!

Bacaan Doa Akhir Tahun

Berbagai doa dapat dibaca dalam rangka menutup akhir tahun 1444 H. Salah satunya sebagaimana yang dianjurkan dari laman NU Online, berikut lafal doa akhir tahun yang dapat dibaca sebagaimana tertuang dalam kitab Maslakul Akhyar:

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Arab latin: Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da’autanî ilat taubati min ba’di jarâ’atî ‘alâ ma’shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa’attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha’ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.

Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Kapan Membaca Doa Akhir Tahun?

Lantas, doa akhir tahun tersebut kapan dibaca? Bacaan doa akhir tahun ini dapat dibaca sebelum masuk waktu maghrib hari Selasa, 18 Juli 2023.

Hal ini karena momen pergantian tahun di dalam kalender Hijriyah dihitung sejak terbenamnya matahari atau masuknya waktu maghrib. Lafal doa di atas, dapat dibaca sebanyak 3 kali.

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam

Sementara itu, memasuki awal tahun baru juga terdapat bacaan doa yang dapat dipanjatkan. Masih dari NU Online, berikut bacaan doa awal Tahun Baru Islam yang bisa dibaca:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Arab Latin: Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu’awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

Aku pun meminta pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Kapan Membaca Doa Awal Tahun Baru Islam?

Doa awal tahun ini dapat dibaca begitu masuk moment pergantian tahun. Yakni Pada malam tanggal 18 Juli 2023 selepas waktu maghrib. Bacaan doa ini juga dapat dibaca sebanyak 3 kali. Harapannya dengan membaca doa ini bisa mendapatkan anugerah dan kemurahan Allah SWT pada tahun baru ke depan.

Selain membaca doa ini, alangkah baiknya dilanjutkan dengan amalan lain seperti puasa, khatam Quran, sedekah ataupun amalan lainnya.

Nah, Itulah bacaan doa akhir dan awal Tahun Baru Islam 1445 H yang dapat dibaca. Semoga bermanfaat. (*)