Ekonomi, Bisnis dan UMKM

Sektor Peternakan Penopang Ekonomi Warga

Sumedang (Aswajanews.id) – Sektor peternakan bisa menjadi salah satu penopang pemulihan ekonomi warga di pedesaan. Kepala UPTD Perikanan dan Peternakan wilayah Wado (meliputi wilayah Jatinunggal dan Cibugel), Leti Nuryati mengatakan, warga pemilik ternak biasanya sangat terbantu disaat mengalami kesulitan ekonomi, dengan menjual ternaknya untuk menutupi kebutuhan.

“Meski dilakukan secara tradisional, umumnya warga di pedesaan secara turun temurun sudah terbiasa memelihara ternak. Tradisi ini tentunya harus dipertahankan, bahkan lebih jauhnya bisa dikembangkan,” katanya, Senin (28/2/2022).

Selain kultur dan geografis yang mendukung untuk memelihara ternak, kata Leti petani atau kelompok tani di wilayah Wado, Jatinunggal dan Cibugel juga kerap mendapatkan bantuan ternak dari pemerintah daerah. “Sebenarnya secara individu juga sudah banyak yang memelihara ternak seperti ayam, domba dan sapi. Tapi dengan adanya bantuan pemerintah daerah harus lebih mendapatkan hasil yang lebih,” katanya.

Terkait hubungannya dengan pemulihan ekonomi, sambung Leti, biasanya warga menjadikan ternak peliharaannya sebagai tabungan. Ia menggambarkan, memelihara ayam merupakan tabungan jangka pendek, kemudian memelihara domba dijadikan tabungan jangka menengah sedangkan sapi sebagai tabungan jangka panjang.

“Jadi ketika menghadapi kesulitan keuangan, ada tabungan berupa ternak yang bisa dijual. Ini langkah tradisional yang masih berjalan di pedesaan,” katanya. (Sumedang Kab)