Beranda Tradisi Riung Mumpulung sebagai Media Motivasi dari Pini Sepuh untuk ASN Kemenag Jabar

Riung Mumpulung sebagai Media Motivasi dari Pini Sepuh untuk ASN Kemenag Jabar

Riung mumpulung dalam rangka peringatan HAB ke-76 Kemenag RI, di Hotel Horison, Jl. Pelajar Pejuang, Bandung, Selasa (04/12/2022). Mantan Kakanwil yang hadir pada kesempatan tersebut adalah KH. Yusuf Sodik, KH. Iik Makib, KH Muhaemin Luthfi dan KH. Saeroji.

Bandung (Aswajanews.id) – Para sesepuh Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat yang terdiri dari mantan Kakanwil beserta purna bhakti menghadiri kegiatan riung mumpulung dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kemenag RI, yang digelar di Hotel Horison, Jl. Pelajar Pejuang, Bandung, Selasa (04/12/2022). Adapun Kakanwil yang hadir pada kesempatan tersebut adalah KH. Yusuf Sodik, KH. Iik Makib, KH Muhaemin Luthfi dan KH. Saeroji.

Kepala Bagian Tata Usaha, H. Ajam Mustajam, bahwa riung mumpulung ini menjadi saran untuk memadukan seluruh potensi Kemenag Jabar, para sesepuh, maupun yang masih berbakti pada lembaga lain, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan unsur penting bagi kemenag untuk berkontribusi bagi masyarakat dan negara.

Ajam Mustajam menambahkan bahwa peringatan HAB ke-76 tahun ini memiliki tema Transformasi Layanan Umat. Transformasi perubahan ini meliputi perubahan sikap yang lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat, serta meningkatan sarana dan prasarana yang mempercepat kinerja Kemenag dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait dengan hal itu, Kakanwil, Dr. H. Adib, M.Ag, menyampaikan bahwa Kanwil Kemenag PRov. Jawa Barat akan terus meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan. Di antara upaya tersebut antara lain rehabilitasi kantor yang telah dilaksanakan, rencana pembangunan taman kerukunan dan kantor Layanan Keagamaan Jawa Barat di Jatinangor, pembangunan PLHUT Kanwil, dan target pembangunan MAN Insan Cendikia di Jawa Barat.

Kakanwil menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran para mantan Kakanwil serta pini sepuh lainnya. Kehadiran para pini sepuh menurutnya sebagai motivasi bagi ASN yang sedang mengemban amanah sehingga apa yang telah diperjuangkan oleh para pini sepuh dapat diteruskan, dikembangkan dan bahkan dimajukan.

Adib, juga mengungkapkan dengan slogan Kemenag Jabar Berkibar, Kemenag Jawa Barat terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan keagamaan. Berkibar merupakan singkatan dari Bersih, Berkhidmat dan Barokah.

Ketua Persaudaraan Pensiunan Kementerian Agama (PPKA), yang juga mantan Kepala Balai Diklat Keagamaan Bandung, H. Taqdimullah, menyampaikan bahwa dengan riung mumpulung ini dapat meningkatkan silahturahmi dan keakraban baik untuk ASN maupun para purnabhakti. Ia mengajak kepada para ASN yang telah memasuki purnabhakti untuk bergabung dengan PPKA, agar silahturahmi dapat terus terjalin.

Di tengah pandemi COVID 19, beberapa prestasi berhasil diraih oleh Kemenag Jawa Barat sepanjang tahun 2021, seperti prestasi yang diraih oleh dua guru dari MAN 2 Ciamis dan MAN 2 Kuningan yang berhasil menjadi Duta Harmoni  Nasional,  MAN 2 Majalengka yang meraih The most Makertabel dalam ajang Madrasah Digital Inovasi Teknologi AMD, MTsN 4 KBB meraih juara umum lomba film pendek madrasah, Syaila Nur Azizah, dari MAN 1 Bandung Barat memenangkan juara 1 Sain Nasional tingkat SMA/MA yang digelar Forum Kompetisi Nusantara, Faiza Rizki juara 2 pada Islamic Animated Short Movied yang digelar Kemenag RI, beberapa madrasah meraih prestasi pada Hari Cinta Puspa.

Selain itu, di bidang Pondok Pesantren dimotori oleh para Kiai dan santri telah berhasil melaksanakan vaksinasi Covid untuk 3 juta santri. Dalam hal pembangunan melalui anggaran SBSN kanwil KEmenag Jabar telah berhasil membangun 9 KUA di tahun 2021 dan ditargetkan sebanyak 156 KUA akan dibangun. Semantara itu untuk pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) sebanyak 5 plhut telah dibangun dan ditargetkan 15 PLHUT dapat dibangun di tahun berikutnya. Untuk pembangunan madrasah, pada tahun 2021 telah dibangun 22 gedung madrasah baru. (Humas Kemenag Jabar)