Beranda Kajian MENGETUK PINTU LANGIT

MENGETUK PINTU LANGIT

Pada kesempatan kali ini Minggu, 4 Juni 2023, penulis mencoba memahami pintu langit milik Allah Swt, untuk diri penulis sendiri maupun para pembaca budiman. Pintu  pembuka komunikasi, meraih rizki yang tak terduga, mendapatkan kumudahan jalan yang dicita-citakan, masuk berada dalam serambi pintu rumah Allah Swt (Baitullah) dan kebahagiaan dunia serta akhirat.

Pintu langit menjadi pembuka menuju jalan yang ingin raih, berada dirumah Allah Swt. Ketika kita yakin pintu Allah Swt sudah terbuka, maka semua keinginan akan mudah diraihnya. Jalan mulus sudah ada ditangan dan di depan mata.

Allah Swt akan membuka pintu-pintu-Nya untuk hamba yang selalu mengetuknya pula. Mengetuk dengan ikhkas dan penuh kesabaran.

Mari kita sedikit merenungi akan pintu rizki, yang kadang terbuka harus terlebih dahulu diketuk, namun ada juga pintu akan terbuka tanpa harus diketuk. Ada pintu yang selamanya tertutup dan kadang juga ada yang selamanya terbuka.

Ada pintu yang dibuka karena diketuk berkali-kali. Namun ada pula diketuk sekali langsung terbuka.

Dalam kehidupan sehari-sehari, munajat atau doa mendapatkan keinginan dan kebutuhan hidup  merupakan perilaku mengetuk pintu langit agar terbuka.

 Ketika Allah Swt sampai saat ini belum membukakan pintu sebagai jalan meriah apa yang diinginkan. Mungkin karena ketidak seriusan dalam mengetuk pintu-Nya. Oleh karena itu teruslah berusaha agar pintu langit bisa terbuka. Baik lewat dzikir, sholat maupun sedekah.

Saat merasakan pintu belum terbuka dapat juga diartikan, agar kita selalu mengetuknya terus menerus. Karena Allah Swt sangat sayang pada setiap hamba yang mengetuk pintunya. Sebaliknya Allah Swt akan marah bila hambanya tidak pernah mengetuk pintu-Nya.

Allah Swt adalah Dzat yang diminta, dan akan senang pula pada hamba-hambanya yang suka meminta kepada-Nya.

Kalaupun sangat terasa  saat ini pintu belum terbuka, mungkin Allah Swt sedang menguji keimanan kita atau Allah Swt sedang menunggu waktu yang tepat untuk membukakan pintu-Nya untu kita. Karena Allah Swt lebih tahu tentang diri kita dari pada kita sendiri.

Ketika saat ini pula Allah Swt belum membukakan pintu untuk kita. Mungkin agar kita semakin rindu akan rahmat dan ampunan-Nya. Menjadikan kita manusia yang tidak sombong. Kerena selama ini, Allah Swt sering melihat kita suka menyombongkan diri dimana saja. Baik dengan kata-kata maupun perbuatan. Sehingga kita kadang lupa, bahwa kita milik Allah Swt dan akan kembali pada-Nya.

Kenapa Allah Swt belum menjawab doa kita, mungkin Allah Swt sedang memproses doa kita dan memilihnya menjadi orang yang sabar, agar terselamatkan dari tipu daya dunia.

Atau agar kita tidak salah mengambil jalan yang selama ini ingin diraih dan sesungguhnya Allah Swt telah menunjukkan pada kita pilihan akhirat sebagai jalan hidup kita.

Mari kita terus ciptakan kondisi agar Allah Swt selalu mencintai kita, mendengarkan alunan bait-bait doa yang kita panjatkan, bersimpuh dihadapan-Nya.

Pintu rizki yang akan kita dapat bukan dari bos atau atasan, tapi dari Allah Swt. Seseorang yang yakin Allah Swt Maha Kaya. Maka kita tak akan ragu Allah Swt akan memberi kekayaan pada kita semua, untuk membekali  menuju perjalanan kerumah-Nya.

Pililah jalan yang mudah mengundang rizki, lakukan tanpa ada ragu. Kita pasti bisa. Labbaikallahumma Labbaik. (*)