Politik dan Pemerintahan

Mencari Pemimpin Ideal untuk Kabupaten Brebes 2024

Oleh; A’isy Hanif Firdaus, S.Ag.
(Wakil Sekretaris PC GMPI Brebes)

Kabupaten Brebes merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian utara paling barat Provinsi Jawa Tengah. Dengan administrasi di Brebes dan juga terletak di bagian timur laut wilayah kabupaten. Kota Brebes bersebelahan dengan Kota Tegal disebalah timur, sehingga dapat dikatakan kedua kota ini hampir “menyatu” baik dari segi bahasa dan kultur budayanya.

Kabupaten Brebes memiliki luas 1663,39 km2. Luas wilayah tersebut dengan jarak terjauh utara-selatan 87 km, barat-timur 50 km, dan memiliki garis pantai sepanjang 65,48 km dengan batas wilayah laut 12 mil laut.

Kali ini penulis akan membahas kriteria yang cocok untuk pemimpin Kabupaten Brebes Tahun 2024-2029. Dalam sejarahnya politik kabupaten Brebes selalu diwarnai dengan berbagai hal yang menarik dan dinamika yang terjadi. Apalagi dengan kondisi seperti sekarang banyak calon bupati dan wakil bupati yang sudah mendaftarkan dirinya baik yang melalui partai politik atau jalur independen meraka akan maju dan berkontestasi pada pilkada 2024 bulan November mendatang.

Tentu, ini hajat besar bukan hanya sekedar memilih hanya dari popularitasnya saja akan tetapi seorang pemimpin tersebut mampu memberikan solusi terbaik untuk kemajuan kabupaten Brebes dimasa yang akan datang.

Terlebih banyaknya persoalan yang salah satu menjadi perhatian yakni predikat miskin ekstrem yang dialamatkan kepada kabupaten Brebes. Ini persoalan serius yang harus bisa dipecahkan. Belanja masalah dari sejumlah persoalan-persoalan yang dihadapi harus serius dikerjakan secara matang. Lebih lanjut, susahnya mencari pekerjaan bagi para pemuda dan pemudi yang kini tengah berjuang demi memperbaiki kualitas hidupnya.

Pemimpin daerah paham betul dengan kondisi geografis mengenal lebih dekat pemetaan wilayah dan harus mempunyai gagasan besar yang ditawarkan kepada para warga yang nantinya akan bersedia memilih dirinya, paling tidak ada tiga pilar kokoh diharapkan rakyat agar pemerintahan ke depan memberi hasil optimal untuk kemajuan kabupaten Brebes.

Pilar pertama, integritas. Basis dari integritas adalah karakter dan perilaku etis. Tokoh (politik) yang memiliki integritas tinggi tak lain Ir. Mohammad Hatta. Satu salah pikiran, perkataan dan perbuatan menjadi cirikhas dari Bung Hatta. Beliau secara serius dengan ketat memegang komitmen dan konsisten menjalankan prinsip-prinsip kebenaran universal. Hidupnya yang bersahaja ditambah dengan keberanian untuk memikul tanggung jawab menjadikan Bung Hatta sosok paripurna dalam memegang integritas.

Pilar kedua, kapabilitas. Dalam ranah manajemen, kapabilitas merupakan gabungan dari motivasi, pengetahuan dan ketrampilan. Orang yang memiliki kapabilitas berarti orang paham dan ahli akan bidang pekerjaannya. Tokoh yang layak disebut memiliki kapabilitas tinggi yakni Frans Seda. Ketika Bung Karno menjadi presiden, Frans Seda muda diangkat menjadi menteri. Bung Karno lengser dan Soeharto naik tahta yang kemudian meminggirkan orang-orang yang berbau Soekarno, tetap saja Frans Seda diangkat sebagai menteri. Sampai usia sepuh dan ketika Megawati menjadi presiden, pemikiran Frans Seda tetap dipakai sebagai penasihat ekonomi. Kapabilitas Seda tidak dipertanyakan karena ukuran untuk menilainya jelas: kualitas dan produktivitas pekerjaannya.

Pilar ketiga, otoritas. Sesuai dengan namanya, otoritas merupakan wewenang jabatan dengan basisnya legalitas formal. tokoh yang layak disebut adalah Ir. H. Joko Widodo, beliau bekerja dengan sepenuh hati seluruh waktu dan tenaganya digunakan untuk membuat warga dan rakyatnya menjadi jauh lebih baik. Kerja kerasnya begitu terlihat dengan prestasi yang dimilikinya Pak Jokowi mampu membuat ekonomi Indonesia selalu stabil.

Pontensi yang dimiliki kabupaten Brebes sebetulnya sangat baik, dengan keadaan diluaran sana kandang dikucilkan akan tetapi Kabupaten Brebes kaya dengan hasil alam yang begitu melimpah. Sebut saja, Komoditas utamanya yakni bawang merah, telor asin. Keduanya me jadi iconik bagi Brebes. Siapapun yang berkunjung di kabupaten Brebes pasti tidak melewatkan untuk membelinya. Akan tetapi masih banyak lagi hasil kreativitas dari warga kabupaten Brebes yang perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Batik Salem, Produksi Kopi di Brebes bagian selatan, dan perkebunan teh di kaligua, Paguyangan. Itulah potensi yang harus kita perhatikan dengan baik.

Jika menelisik lebih jauh, seperti apa kriteria pemimpin sesuai dengan Al-Qur’an.

Allah SWT berfirman tentang perintah menaati Ulil Amri atau pemimpin. Sebagaimana termaktub dalam surat An-Nisa Ayat 59,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri (pemimpin) di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Selanjutnya, Pemimpin yang Mencintai dan Dicintai Rakyat. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

خِيارُ أئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُحِبُّونَهُمْ ويُحِبُّونَكُمْ، ويُصَلُّونَ علَيْكُم وتُصَلُّونَ عليهم، وشِرارُ أئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُبْغِضُونَهُمْ ويُبْغِضُونَكُمْ، وتَلْعَنُونَهُمْ ويَلْعَنُونَكُمْ

Artinya: “Sebaik-baik pemimpin kalian adalah orang-orang yang kalian cintai dan mencintai kalian, kalian mendoakan mereka dan mereka pun mendoakan kalian. Dan seburuk-buruk pemimpin kalian adalah orang-orang yang kalian benci dan membenci kalian, kalian melaknat mereka dan mereka pun melaknat kalian.” (Hadits riwayat Imam Muslim).

Maka siapapun nantinya yang terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Brebes G1 & G2 Kabupaten Brebes beliaulah Putra/Putri terbaik yang harus kita hormati segala kebijakannya. Tentu didukung segala program-programnya untuk kemaslahatan warga Kabupaten Brebes secara menyeluruh.

Demikian ulasan pemimpin ideal menurut Rasulullah SAW. Semoga para pemimpin yang terpilih nantinya akan bertanggung jawab dalam mengemban amanah dan profesional dalam bekerja untuk kemajuan kabupaten Brebes.

#BrebesMaju #SenengRakyate

A’ISY HANIF FIRDAUS, S.Ag.

Wakil Sekretaris PC GMPI Brebes

www.youtube.com/@anas-aswaja