Beranda Nasional Pelayanan Publik Kolaborasi Pemda, FKBS dan stakeholder Lainnya Antarkan Kabupaten Bandung Raih Swasti Saba...

Kolaborasi Pemda, FKBS dan stakeholder Lainnya Antarkan Kabupaten Bandung Raih Swasti Saba Wistara 2023

BANDUNG (Aswajanews.id) – Optimisme Bupati Bandung Dadang Supriatna untuk menjadikan Kabupaten Bandung meraih Wistara sebagai predikat tertinggi Swasti Saba atau Kabupaten Sehat di tahun 2023, akhirnya terwujud.

Anugerah Wistara diterima langsung Bupati Bandung dari Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, saat Malam Penganugerahan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (Swasti Saba) dan STBM Award Tahun 2023, di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (28/11/23) malam.

Malam penganugerahan dari Kementerian Kesehatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional 2 November.

Anugerah Swasti Saba merupakan penghargaan dari pemerintah ke para pemimpin daerah yang mampu menciptakan kabupaten dan kota yang bersih dan sehat.

Bupati Dadang Supriatna mengatakan Predikat Wistara ini diraih tak lepas dari kekompakan perangkat daerah Pemkab Bandung bersama dengan Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS) dan masyarakat, yang sudah fokus untuk mewujudkan Kabupaten Bandung Sehat dari berbagai tatanan, seperti sarana prasarana, masyarakat sehat mandiri, pariwisata dan lalu lintas.

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi dan semangat baru bagi Kabupaten Bandung untuk menjadi lebih baik lagi dalam mensejahterakan warga Kabupaten Bandung melalui layanan kesehatan yang optimal,” ucap Dadang Supriatna seusai menerima penghargaan.

Ada tiga tingkatan Swasti Saba untuk penilaian Kota/Kabupaten Sehat yakni Saba Padapa (Pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) dan yang tertinggi Swasti Saba Wistara (Pengembangan). Kabupten Bandung sendiri menjadi salah satu dari 27 kota/kabupaten yang menerima predikat Wistara.

Penghargaan Swasti Saba Wistara (Pengembangan) diberikan karena Kabupaten Bandung sudah memenuhi 9 tatanan nilai kabupaten sehat dan minimal harus sudah memenuhi prasyarat penduduknya sudah ODF (Open Defecation Free) atau sudah terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan sebesar 100 %. Selain itu mampu memenuhi capaian indikator tatanan lebih dari 91% .

Dengan diterimanya Penghargaan Swasti Saba Wistara ini semakin menambah daftar panjang prestasi Pemkab Bandung di bawah kepemimpinan Bupati Bedas Dadang Supriatna, yang hingga kini menjadi 230 penghargaan. *(Uus)

Editor: Elisa Nurasri