Home Pendidikan Ketum DPP FKDT Minta Pemerintah Perkuat Regulasi MDT

Ketum DPP FKDT Minta Pemerintah Perkuat Regulasi MDT

KUNINGAN (Aswajanews.id) – Peran Madrasah Diniyah (Madin) dalam kehidupan berbangsa tidak bisa diabaikan. Kehadiran Madin bagi bangsa Indonesia memberikan makna kedamaian dan ketenteraman. Hal tersebut karena pembelajaran di MDT mencerminkan Islam yang moderat atau Islam rahmatan lil alamin. Demikian ditegaskan oleh Ketua Umum DPP FKDT H Lukman Hakim, M.Si saat memberikan sambutan pada acara Pelantikan DPC FKDT Kab Kuningan.

Lukman Hakim berharap dengan sangat agar pemerintah menguatkan regulasi tentang MDT. Hal ini sangat penting karena regulasi tersebut akan menjadi landasan yuridis dalam menentukan kebijakan yang terkait dengan anggaran serta akan mendorong masyarakat untuk menemukan kesadaran pentingnya pendidikan MDT untuk anak anak mereka.

Sejalan dengan hal tersebut eksistensi MDT yang selama ini sudah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara. Salah satu kontribusi penting MDT kepada bangsa ini yaitu proses pembelajaran yang menekankan pada aspek tafaquh fiddin dengan pemahaman Islam rahmatan lil alamin.

Para guru Madin sesungguhnya memiliki jasa yang sangat besar didalam mendidik putra bangsa yang berfaham pada moderasi beragama. Oleh karena itu penguatan regulasi MDT menjadi hal yang mendesak karena salah satunya akan berimbas pada kesejahteraan guru Madin.

“Selama ini masih banyak guru MDT yang kesejahteraannya masih perlu diperhatikan. Honor setiap bulan yang diterima oleh mereka belum berbanding lurus dengan perjuangan dan khidmah mereka kepada negeri ini. Oleh karena itu kami berharap kepada pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan perhatian kepada guru MDT,” pungkas Wakil Sekjen PBNU.

Ketua DPC FKDT Kab Kuningan Sulaiman mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan acara Pelantikan dan Raker DPC FKDT Kuningan. “Kami juga menghaturkan terimakasih. Kepada Ketum DPP FKDT, H Lukman Hakim, Wamenag RI, Bupati Kuningan serta pejabat lain yang hadir dalam acara ini,” kata Sulaiman dalam sambutannya.

Turut hadir dalam Pelantikan dan Pembukaan rapat kerja DPC FKDT Kab Kuningan masa khidmat 2023-2028 yang di laksanakan di hotel Grage Sangkan Kab. Kuningan, Wamen Kemenag RI H Saeful Rahmat Dasuki, Ketua DPW FKDT Prov. Jabar H Atep Abdul Gopar, S.Pd.I, M.M., Bupati Kuningan H Acep Purnama, Kepala Kemenag Kuningan, Drs. H. Ahmad Handiman Romdony, M.Si. Kabag Kesra Setda Kuningan, Ketua MUI Kuningan dan seluruh pengurus DPC dan DPAC FKDT Kecamatan se-Kab. Kuningan.

Dalam ksempatan tersebut Bupati Kuningan mengatakan, “kami dari pemerintah daerah sangat peduli kepada Diniyah Takmiliyah sehingga di Kab. Kuningan sudah dikeluarkannya Perda dan Pergub Diniyah Takmiliyah serta sudah adanya BOP Diniyah dengan total 1,5 M per tahun”

“Itu semua menjadi komitmen kami selaku pemerintah daerah dalam memberikan perhatian kepada lembaga pendidikan Diniyah. Kita berharap melalui anggaran yang digulirkan untuk MDT di Kab Kuningan bisa bermanfaat dan dapat meningkatkan mutu pendidikan Madrsah Diniyah Takmiliyah di Kab Kuningan,” pungkas, H Acep Purnama. *(Akhmad Sururi/Red)