Politik dan Pemerintahan

Jawaban Jokowi Soal Kaesang Maju Calon Wakil Gubernur Jakarta

JAKARTA (Aswajanews.id) – Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengungkapkan pembicaraannya dengan Presiden Joko Widodo mengenai kemungkinan putranya, Kaesang Pangarep, maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

Zulkifli menyebutkan bahwa Jokowi masih enggan Kaesang maju sebagai calon wakil gubernur Jakarta dalam Pilkada 2024.

“Saya tadi bertanya kepada Bapak usai rapat, ‘Pak, bagaimana jika Kaesang maju sebagai Wagub Jakarta?’, ‘Waduh, jangan Pak Zul,’ kata beliau,” ungkap Zulkifli di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (3/6/24), dikutip CNN Indonesia.

Zulkifli juga tidak memberikan jawaban pasti mengenai sikapnya terhadap pencalonan Kaesang jika Ketua Umum PSI itu maju dalam Pilkada Jakarta nanti.

“Kaesang adalah sosok muda, saya bahkan pernah mengusulkan agar Kaesang diusung. ‘Pak, saya pernah mengusulkan setahun lalu, bagaimana jika Jakarta dipimpin oleh anak muda seperti Kaesang’,” ujar Zulkifli.

Saat itu, Zulkifli mengusulkan agar Kaesang berpasangan dengan kadernya, Zita Anjani. Namun, saat itu Kaesang belum memenuhi syarat usia untuk maju dalam Pilkada.

Setelah Mahkamah Agung mengubah syarat usia minimum calon kepala daerah, Kaesang kini berpotensi untuk maju.

“Sekarang sudah bisa, Pak,” kata Zulkifli. “Namun, beliau tetap bilang, ‘Jangan Pak Zul’.”

Sebelumnya, Kaesang sempat diisukan akan maju sebagai calon wakil gubernur Jakarta dalam Pilkada 2024 bersama Waketum Gerindra, Budisatrio Djiwandono. *(Red)

www.youtube.com/@anas-aswaja