Nusantara

26 Ribu Balon Sarung Santri Pecahkan Rekor Muri

BANDUNG (Aswajanews.id) – Bertepatan dengan gelaran Pembukaan Liga Santri tingkat Nasional Piala KASAD, Rabu 5 Oktober 2022 di Stadion Siliwangi Bandung, ada yang unik dan memecahkan Rekor MURI. Lempar sarung atau babalonan sarung, tradisi permainan khasnya para Santri kali ini menjadi catatan Museum Rekor Indonesia.

Sedikitnya 26 Ribu peserta yang terdiri para Santri, anggota TNI beserta seluruh penonton dan audiens yang hadir dalam acara pembukaan Liga Santri itu, menunjukkan atraksinya dengan melempar sarung hingga membentuk bulatan seperti balon.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal doktor Dudung Abdurahman beserta istri yang hadir pada kesempatan itu juga turut serta memainkan lempar sarung tersebut. Sekaligus membuka dimulainya Kompetisi Liga Santri tingkat Nasional yang diikuti 40 tim Juara tingkat Provinsi di seluruh Indonesia.

Permainan Babalonan Sarung merupakan permainan tradisional yang tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia. Selain bertujuan untuk mengajak anak-anak pergi mengaji, permainan Babalonan Sarung juga bertujuan untuk mengenalkan batik atau kain khas dari masing-masing daerah kepada anak-anak. Dengan mengenalkan kain khas tersebut sejak dini, anak-anak akan mencintai dan kemudian melestarikan salah satu kearifan lokal Indonesia. *(Elisa Nurasri)