Pelayanan Publik

Tol Cisumdawu Dibuka Paling Lambat Awal 2022, Kang Emil Kejar Target

Bandung (Aswajanews.id) – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menunggu proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) rampung untuk memudahkan akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka. Rencananya, Tol Cisumdawu mulai beroperasi akhir tahun ini atau paling lambat awal 2022.

“Nunggu yang akses Cisumdawunya tembus, sehingga full. Jadi dari Bandung ke Cipali, Cipali ke Kertajatinya langsung,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (20/12).

Emil juga menyambut baik dibukanya akses tol ke Bandara Kertajati sepanjang 3,7 kilometer di KM 158 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Dengan beroperasinya Tol Cipali, masyarakat tidak perlu melewati jalan arteri.

Emil berharap seiring beroperasinya Tol Cisumdawu pada 2022 ditambah akses tol ke Bandara Kertajati, penerbangan akan semakin bertambah dan perekonomian meningkat. Saat ini, Bandara Kertajati sudah melayani penerbangan logistic. Namun, ia mengingatkan kebijakan penerbangan penumpang maupun logistik merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan.

“Rencana 2022 seperti apa mudah-mudahan ekonomi bangkit dan penerbangan bisa banyak,” ujar mantan Wali Kota Bandung itu. ***