Beranda Nasional Pelayanan Publik Siaga Pengamanan Lebaran, Kodim Kendal Simulasikan Penanganan Bencana Kebakaran

Siaga Pengamanan Lebaran, Kodim Kendal Simulasikan Penanganan Bencana Kebakaran

KENDAL (Aswajanews.id) – Dalam rangka memelihara kemampuan dan kesiapsiagaan menghadapi segala kemungkinan di tengah situasi lebaran, Kodim 0715/Kendal latihan simulasi penanganan kebakaran di Makodim, Rabu (04/05/22).

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan anggota kodim 0715/Kendal yang terlibat dalam siaga dalam pengamanan arus mudik dan dipimpin oleh Kasdim 0715/Kendal Mayor Inf Sukamto.

Mayor Sukamto, kepada seluruh anggota siaga mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna memberikan wawasan kepada para anggota sebagai bekal pengetahuan jika memang terjadi hal hal yang tidak di inginkan, khususnya bencana kebakaran.

“Kita tidak tahu kemungkinan terburuk yang akan terjadi, kita tetap berharap tidak terjadi, tetapi jika hal tidak di inginkan tersebut terjadi, paling tidak kita bisa tahu cara menanganinya, guna meminimalisir dampak kerusakan,” tegasnya.

Sementara, pasiops kodim 0715/Kendal kapten Arm Zaenal, selaku koordinator latihan menjelaskan bahwa materi yang di berikan berupa simulasi penanganan kebakaran dengan menggunakan alat sederhana dan seadanya yang dapat digunakan untuk memadamkan api.

“Kita juga sosialisasikan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk memadamkan api, karena alat tersebut secara SOP biasanya sudah tersedia di tempat tempat perkantoran, dan bangungan bangunan lainnya, karena tidak semua orang bisa mengoperasikan alat tersebut ketika terjadi kebakaran,” ujarnya. (Kodim 0715/Kendal)