Beranda Nusantara Pesan Rais Syuriyah PCNU Brebes: Amanahkan kepada Pengurus Baru GP Ansor Jatibarang...

Pesan Rais Syuriyah PCNU Brebes: Amanahkan kepada Pengurus Baru GP Ansor Jatibarang Kidul

BREBES (Aswajanews.id) – Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Brebes KH. Hudallah Karim mengungkapkan bahwa beruntung jika ada orang yang ditakdirkan Allah SWT menjadi pengurus NU termasuk GP Ansor Jatibarang Kidul Ini. Hal tersebut disampaikan saat memberikan amanat kepada Pengurus Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Desa Jatibarang Kidul Kecamatan Jatibarang dan Pengajian Umum Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama di Zawiyah At-Tijaniyyah Al Firdaus, Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang-Brebes pada Ahad, (29/1) malam.

“Allah SWT pernah menawarkan amanah kepada bumi dan langit namun semuanya menolak, Hanya yang dapat menerima amanah ialah manusia, Allah SWT menciptakan Manusia untuk dimuliakan dan taat kepada Allah SWT,” ucap KH. Hudallah Karim.

Beliau menjelaskan, Manusia telah dianugerahkan sebagai khalifah fil Ardl, sebagai pemimpin di muka bumi ini dan kita semua mempunyai tanggung jawab terhadap apa yang telah diamanahkan.

Rais Syuriah PCNU Kabupaten Brebes, KH. Hudallah Karim

Dalam kesempatan yang sama, Kyai yang juga sebagai pimpinan Ponpes Al-Bukhori Sengon, kecamatan Tanjung tersebut juga mengungkapkan bahwa Salah satu ciri-ciri dari orang munafik adalah tidak bisa melaksanakan amanat dan menyimpang berbagai amanah yang di amanahkan kepadanya dengan baik.

“Kita semua harus menerima dan melaksanakan amanahnya dengan baik. Karena pada dasarnya untuk menerima amanah dan menjalankan amanah dengan baik itu sangatlah susah. Jadi harus benar-benar dijalankan dengan naik,” jelasnya.

Selain itu, Gus Huda juga mengingatkan ada 4 perkara yang bisa menyelamatkan kita dari amanah dengan baik, yakni pertama dengan mudah memaafkan kebodohan orang lain. Kedua, mempersedikit berbuat kesalahan dengan orang lain. Ketiga, Jangan suka berharap terhadap pemberian oranglain. Keempat, mengumpulkan harta dengan cara yang halal.

Perlu diketahui, acara pelantikan pengurus GP Ansor Jatibarang Kidul dan Pengajian Umum Harlah satu abad NU tersebut dihadiri oleh ratusan warga Nahdliyin yang tersebar di Kecamatan Jatibarang. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Abuya Syeikh Sholeh Muhammad Basalamah (Mustasyar PCNU Brebes), Drs H. Afifullah (Rois Tanfidziyah MWC NU Jatibarang, Brebes), KH. M. Dawud Fatoni (Wakil Rais Syuriyah PCNU Brebes), Drs. H. Asmuni Abdul Abdul Aziz (A’wan PCNU Brebes), KH. Faidurrahim (Jatibarang), Gus H. Muhammad Shidqi, S.IP serta para santri dan santriawati berbagai berbagai daerah di Kabupaten Brebes.

(Pewarta: A’isy Hanif Firdaus, LTN NU Brebes)