Nusantara

Peringati Harlah 1 Abad NU, PCNU Kabupaten Brebes Gelar Istighotsah Kubro dan Parade Hadroh

BREBES (aswajanews.id) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Brebes menggelar acara peringatan Harlah 1 Abad NU dengan istighotsah kubro serta parade hadroh yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda, Sirampog, Brebes pada Jum’at (10/02/2023) malam.

Istighotsah kubro adalah doa bersama dengan membaca kalimat tayyibah yang bertujuan untuk meminta pertolongan Allah SWT agar diberikan keselamatan di dunia maupun diakhirat serta mendapatkan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kesempatan tersebut KH Farikhin bertugas memimpin Istighotsah.

Rois Syuriyah PCNU Brebes KH Hudallah Karim

Rois Syuriyah PCNU Brebes KH Hudallah Karim mengatakan kita berkumpul di majelis ini semuanya untuk ngalap berkah dalam rangka memperingati rangkaian 1 Abad NU yang diselenggarakan oleh PCNU Kabupaten Brebes, Ucap Gus Huda dalam sambutannya.

Gus Huda melanjutkan, Kedepan Pengurus Nahdlatul Ulama harus mempunyai karakter kuat dan akhlakul karimah yang baik. karena pada dasarnya akar Nahdlatul Ulama berada di pondok pesantren. Serta tanggung jawab pesantren dan santri untuk terus memajukan bangsa dan negara Indonesia sampai kapanpun.

“Terbukti telah banyak ulama-ulama NU yang berhasil mempunyai karangan kitab-kitab yang diakui oleh dunia diantaranya KH. Nawawi Al-Bantani, KH Mahfudz Termas, KH. Ihsan Jampes, Dengan demikian maka pesantren sejatinya telah mempunyai kurikulum yang sangat luar biasa sehingga akan banyak mencetak para generasi santri yang tangguh dan berprestasi,” ungkap Gus Huda.

“Maka menjadi kaum sarungan atau santri haruslah bangga bersemangatlah kalian jangan putus asa mencari ilmu sehingga akan mendapatkan ‘futtuh’ ilmunya sampai kapanpun,” pesan Gus Huda kepada para santri.

“Mudah mudahan acara peringatan Harlah 1 Abad pada malam hari ini mendapatkan berkah dan diridlo dari Allah SWT,” pungkasnya.

PCNU Brebes menggelar peringatan Harlah 1 Abad NU

Disebutkan sebagai informasi. setelah rangkaian acara istighotsah kubro dan parade hadroh pada malam hari ini, keesok harinya juga akan diadakan Musyawarah Kerja Cabang (MUSKERCAB) 1 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Brebes di tempat yang sama.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, KH Sholahudin Masruri (ketua Tanfidziyah PCNU Brebes), KH Hudallah Karim (Rois Syuriyah PCNU Brebes), KH Nuridin Syamsudin (Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Brebes), Dr. H. Joko Gunawan (A’wan PCNU Brebes) serta beberapa pengurus PCNU yang lainnya.

(Pewarta: A’isy Hanif Firdaus, LTN NU PCNU Brebes)