Tradisi

Jelang Ramadhan, IPNU IPPNU Kedawon-Brebes Adakan Ziarah Ulama Lokal Brebes-Tegal

BREBES (Aswajanews.id) – Menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H, Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Dusun Kedawon Kecamatan Larangan menggelar ziarah kubur ke sejumlah makam tokoh ulama para pendiri Kabupaten Brebes dan Tegal, Minggu (19/03/2023).

M Taufik Hidayat, Ketua PR IPNU Kedawon mengatakan ziarah ini bertujuan untuk mendoakan dan mengenang jasa para Ulama pendiri Kabupaten Brebes dan Tegal serta para penyebar agama Islam di wilayah pantura sehingga generasi IPNU IPPNU dapat mengenali dan merawat amaliyah tradisi ziarah kubur NU menjelang Ramadhan.

“Program Ziaroh Ulama Lokal merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan oleh pengurus Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPNU Kedawon dengan berziarah ke makam ulama Brebes dan Tegal. Seperti Mbah Rubi, Syekh Junaedi Randusanga, Pangeran Purbaya, Ki Gede Sebayu, Syekh Abdurrahman Al-Maghribi Jatibarang serta Petilasan Mbah Ki Joko Poleng di Pendopo Kabupaten Brebes,” kata Taufik Hidayat kepada Aswajanews.id.

Seperti diketahui ziarah merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan oleh warga Nahdliyin, kegiatan mengunjungi makam para ulama dan kiai untuk mendoakan dan berwasilah, meminta kelancaran dari setiap hajat kepada Allah SWT melalui barokah dan karomah dari orang-orang sholih.

“Di sana kami juga bertemu dengan pimpinan Ranting Fatayat NU Kedawon yang juga mengadakan ziarah ditempat yg sama dan beberapa peziarah dari daerah lain yang sama-sama sedang melaksanakan ziarah, alhamdulillah menambah saudara dan menambah tali silaturahim,” pungkas Taufik Hidayat.

(Pewarta: A’isy Hanif Firdaus, LTN NU PCNU Brebes)