Kajian

Jelang Ramadhan, Guyub Rukun Jamaah Musholla Al Ishlah Prapag Lor Losari Agendakan Pengajian Akbar

BREBES (Aswajanews.id) – Jamaah musholla Al Ishlah Desa Prapag Lor Losari Brebes yang dimotori oleh para pemudanya memiliki keinginan untuk dapat mengadakan pengajian umum dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H. Harapan itu akan segera menjadi kenyataan setelah keinginan tersebut dimusyawarahkan bersama masyarakat terkhusus jamaah musholla.

Sungguh suatu kesadaran yang sangat baik. Ketika sekumpulan pemuda memiliki ide yang mengarah pada kegiatan keagamaan. Ini perlu diapresiasi dan dimotivasi sehingga semangat yang baik ini mendatangkan aura yang positif bagi masyarakat terkhusus bagi para pemuda dan muncul rasa ingin meningkatkan ibadah untuk mendekatkan diri pada Allah seiring munculnya ide yang mulia ini.

“Kita adakan kegiatan ini sebagai bentuk guyub rukun menjaga ukhuwah islamiyah dan mendorong masyarakat untuk mau berangkat ke musholla,” kata mas Jamaludin yang ditunjuk ketua panitia dalam musyawarah tersebut, Ahad (12/3/2023).

Dalam musyawarah tersebut disepakati bahwa kegiatan pengajian akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 Maret 2023 dan akan dihadiri oleh penceramah dari kota Tegal, KH. Mujtahid.

“Pengajian perdana ini kita kasih kesempatan kepada masyarakat yang hadir untuk menentukan penceramah yang akan diundang. Ada beberapa nama yang diusulkan dalam musyawarah tersebut. Tetapi dari beberapa nama yang ada hanya beliau KH. Mujtahid yang jadwal ceramahnya masih kosong dihari yang telah ditentukan,” kata mas Sodikin selaku sekretaris kegiatan.

Disampaikan rangkaian acara yang telah disepakati akan dimulai dengan pawai ta’aruf. Jamaah dan santri serta masyarakat sekitar nantinya akan mengikuti pawai yang diirngi dengan penampilan Grup Drumband “Alkhozini” dari Desa Ambulu Kec. Losari Kab. Cirebon. Dilanjutkan dengan tahlil bersama ba’da sholat maghrib dan acara pengajian akbar dilaksanakan setelah sholat isya’.

“Rangkaian acaranya dimulai siang hari sehabis duhur pawai, habis maghrib tahlil dan setelah isya langsung pengajian umum,” ucapnya.

Musholla Al Ishlah adalah musholla yang ada di desa Prapag Lor RT 01 RW 01 Kec. Losari Kab. Brebes yang didirikan sekitar tahun 2018. Selama hampir 5 tahun belum pernah mengadakan kegiatan pengajian akbar secara mandiri sehingga adanya kegiatan pengajian ini disambut dengan baik oleh masyarakat sekitar musholla.

Dengan slogan “Guyub rukun, solid bermartabat, raih ridlo illahi” panitia Pengajian berikrar siap mensukseskan kegiatan yang telah direncanakan. *(Pewarta : Tarpidin/Anggota LTN NU Brebes)