Beranda Nasional Pelayanan Publik Jelang Nataru, Kanwil Kemenag dan Forkopimda Sumut Gelar Rakor Lintas Sektoral

Jelang Nataru, Kanwil Kemenag dan Forkopimda Sumut Gelar Rakor Lintas Sektoral

Medan (Aswajanews.id) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M. Ag bersama Forkopimda Provinsi Sumatera Utara menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Provinsi Sumatera Utara menghadapi Nataru dan Operasi Lilin 2021 di Aula Tri Brata Polda Sumut, Selasa (30/11).

Hadir dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Provinsi Wakil Gubernur Sumatera Utara H. Musa Rajekshah, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin.

Kakanwil Kemenagsu dalam paparannya mengatakan siap menyukseskan pelaksanaan pengamanan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) di mana masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

“Menteri Agama mengeluarkan Surat Edaran Nomor 29 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Besar Keagamaan (PHBK) Pada Masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 dan terus kita sosialisasikan kepada masyarakat melalui penyuluh agama, dan satuan kerja lainnya. Tentu kita semua ingin pelaksanaan Perayaan Natal dan Tahun Baru di tengah Pandemi Covid-19 bisa berjalan sesuai yang kita harapkan,” kata Kakanwil.

Kakanwil Kemenagsu sebelumnya telah berkoordinasi dengan seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota untuk memastikan Surat Edaran Menteri Agama dan Surat Edaran Menpan RB agar secara masif disosialisasikan dan disampaikan kepada masyarakat. Kakanwil juga menginstruksikan kepada seluruh satuan kerja agar memantau dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait.

“Sebelumnya kami juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Kepala Kementerian Agama Kab/Kota se Sumatera Utara. Kami akan terus berkoordinasi dan bersinergi dengan forkopimda provinsi dan kab/kota,” tambah Kakanwil.

Kakanwil Kemenagsu berharap semoga operasi Lilin 2021 berjalan dengan sukses dan masyarakat Sumatera Utara selalu sehat sehingga dapat menjalankan aktivitas keagamaan dengan baik dan terkendali.

“Kita semua berharap semoga Covid-19 dapat dikendalikan. Melalui Rakor lintas sektoral ini, dan nanti berjalannya operasi Lilin 2021, semoga masyarakat terhindar dari penyakit Covid-19 dan perayaan Natal dan Tahun Baru bisa dirasakan umat kristiani dengan damai dan nyaman,” lanjut Kakanwil.

Kakanwil juga sudah memerintahkan kepada seluruh ASN agar tidak melakukan perjalanan jauh dan mengambil cuti saat Nataru. *(Arif/Humas)