Beranda Aktual Jabar Siap Berkompetisi Ikuti KFPI

Jabar Siap Berkompetisi Ikuti KFPI

Bandung (Aswajanews.id) – Direktorat Jenderal Bimas Islam Kemenag RI mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) yang akan digelar serentak di seluruh Provinsi Indonesia. Sub Koordinator Seksi Seni Budaya Islam dan Musabaqah Quran Hadist, Efendi Rahmat, yang mengikuti Press Conference online, menuturkan bahwa tema yang diusung kali ini adalah “Ku Syiar Islam dengan Caraku”, Rabu (2/2).

“Ajang bergengsi ini akan mengundang Christine Hakim sebagai salah satu juri yang berkompeten dalam memberikan penilaian terhadap film pendek yang dikirimkan oleh peserta,” tutur Efendi.

Tujuan dari kegiatan ini, lanjutnya, untuk menyiarkan Agama Islam yang Moderat kepada masyarakat dan melestarikan seni dan budaya serta menjaga kearifan lokal yang bernuansa Islami. “Saat ini syiar agama Islam tidak bisa lagi dilakukan secara konvensional, akan tetapi harus mengikuti perkembangan zaman dan generasi,” ujarnya.

Maka dari itu, tambahnya, kompetisi film pendek ini bukan lagi flm animasi tetapi film pendek Islami yang disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan.

Efendi mengatakan bahwa tahapan seleksi terbagi dua yaitu seleksi atau penilaian tingkat Provinsi akan dilaksanakan antara Bulan Juni atau Juli. “Sedangkan untuk tingkat nasional akan dilaksanakan pada minggu kedua Bulan Agustus,” ucapnya.

“Kami berharap kepada warga Jawa Barat terutama para penyuluh, Generasi Milenial, Para Siswa/ Siswi Madrasah bisa ikut aktif menjadi peserta kegiatan KFPI. Semakin banyak peserta berasal dari Jawa Barat, maka peluang untuk juara semakin besar,” ungkapnya.

Efendi mengatakan bahwa ketentuan dan persyaratan peserta akan diinformasikan lebih lanjut. Press Conference KFPI 2022 via zoom meeting ini diikuti oleh 90 orang, terdiri dari Para Pamong Budaya se-Indonesia, Para Penyuluh dan Aktifis Perfilman. Sosialisasi kompetisi ini akan dilakukan dari Bulan Februari sampai dengan Bulan Mei 2022. *(Kontributor: Novam Scorpiantrien)