Profil

Imron Rosyadi, Perjalanan dari Santri hingga Menjabat Bupati

Drs. H. Imron Rosyadi, Lc., M.Ag., M.M.

Drs. H. Imron Rosyadi, Lc., M.Ag., M.M. (lahir 17 Desember 1961) adalah seorang birokrat dan politisi Indonesia yang menjabat sebagai Bupati Cirebon yang menjabat sejak 1 Oktober 2019 hingga 17 Mei 2024. Imron terpilih sebagai Wakil Bupati Cirebon berpasangan dengan Sunjaya Purwadi Sastra dalam Pemilihan umum Bupati Cirebon 2018. Pada tanggal 1 Oktober 2019, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Imron sebagai Bupati Cirebon definitive. Imron dilantik bersamaan dengan pelantikan Wakil Bupati Indramayu.

Sebelum menjabat wakil bupati, Imron adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon.

Imron mengawali pendidikannya di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Di Pondok Pesantren tersebut, Imron belajar atau jadi santri selama kurang lebih 9 tahun, mulai dari tahun 1974 hingga 1983.

Seperti di Pondok Pesantren pada umumnya, di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Imron banyak belajar tentang ilmu-ilmu agama.

Selepas menyelesaikan pendidikannya di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Imron pun kemudian melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi Islam, yakni ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bandung.

Seusai menyelesaikan pendidikan di IAIN Bandung, Imron kemudian memulai kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung. Di awal kariernya, Imron menjabat sebagai Staf.

Selama menjabat Bupati Cirebon, Imron Rosyadi fokus pada pembangunan infrastruktur, pengembangan sektor pertanian, serta pelayanan kesehatan dan pendidikan. Ia juga berkomitmen untuk meningkatkan transparansi dalam pemerintahan serta memerangi korupsi di lingkungan birokrasi.

Imron dikenal sebagai sosok yang sederhana, religius, dan dekat dengan masyarakat. Ia sering terlibat langsung dalam berbagai kegiatan masyarakat dan dikenal berkomunikasi baik dengan berbagai elemen, mulai dari pemuka agama hingga kaum muda.

Riwayat Pendidikan

SD Batembat Cirebon

MTs MHS Ciwaringin

MA Ciwaringin

S-1 Jurusan Perdata Agama Islam IAIN Sunan Gunung Djati Bandung

S-2 Magister Manajemen STIE Jakarta (1988)

S-2 Magister Agama

Riwayat Pekerjaan

Kepala KUA Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Penghulu di Kabupaten Bandung Barat

Kepala KUA Kecamatan Margahayu Kab Bandung

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat (2010–2016)

Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten Bandung (2016)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon (2016–2019)

Wakil Bupati Cirebon (2019)

Bupati Cirebon (2019-2024)