Aktual

Fair Bertarung, Duet Duo Gunawan Potensial Menang

KAB BANDUNG (Aswajanews.id) – Duet Duo Gunawan sangat potensial memenangkan kontestasi pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bandung pada 27 November 2024 mendatang.

Elektabilitas pasangan ini cukup kokoh untuk terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati jika tak ada tsunami politik. Kesimpulan itu terlihat dari hasil pemberitaan dan media sosial terkait preferensi pemilih warga Kabupaten Bandung terhadap calon Bupati, wakil Bupati dan isu-isu politik lainnya.

Tolak Politik Uang (ilustras)

Direktur Jamparing Institut, Dadang Risdal Aziz mengatakan, jika tak ada tsunami politik seperti kandidat yang curang dan money politic, maka pasangan Sahrul Gunawan-Gun Gun Gunawan punya potensi kuat untuk memenangkan kontestasi politik lima tahunan di Kabupaten Bandung.

“Merujuk pada pemberitaan dan sosial media, potensi menang tersebut karena baik Sahrul maupun Gun Gun sama-sama punya elektabilitas yang tinggi. Sebagai cabub, Sahrul unggul cukup jauh dari cagub Dadang Supriatna. Begitu juga sebagai cawabub, Gun Gun unggul dibanding cawabub Alie Syakieb,” kata Dadang Risdal dalam keterangannya kepada media Sabtu, 14 September 2024.

Yang menarik, kata Risdal, dalam simulasi yang semakin mengerucut, misalnya elektabilitas Sahrul semakin naik, dari 50,5 ke 60%. Apalagi dalam simulasi head to head, Sahrul Gunawan semakin meroket.

elektabilitas lebih unggul

Dadang Risdal mencontohkan simulasi dua calon, elektabilitas Sahrul Gunawan tembus ke angka 60% saat berhadapan dengan Dadang Supriatna yang hanya 36,5%.

Kendati demikian, Dadang Risdal mengingatkan bahwa data survei juga mengungkapkan, masih ada 54,1% pemilih yang berkategori soft supporter (pemilih cair). Yaitu, gabungan antara mereka yang sudah punya pilihan tapi bisa berubah dengan yang belum punya pilihan sama sekali.

“Jumlah pemilih yang mayoritas itulah, yang sering saya sebut sebagai lahan tak bertuan. Artinya, pemilih yang masih bisa diperebutkan oleh siapa saja. Termasuk, kandidat yang saat ini masih rendah elektabilitasnya,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Risdal, sampai sekarang yang memiliki kandidat yang punya strong supporter tembus di angka 30% adalah Gun Gun Gunawan yang memiliki pemilih militan.

“Dari data tersebut, sebenarnya masih terbuka peluang buat siapa saja untuk menang. Hanya, duet Duo Gunawan lebih punya peluang besar,” ujar Dadang Risdal. (*)

www.youtube.com/@anas-aswaja