Beranda Pendidikan DPC FKDT Brebes Dampingi Pendirian MDTA di Dukuh Pesantunan Jepet

DPC FKDT Brebes Dampingi Pendirian MDTA di Dukuh Pesantunan Jepet

BREBES (Aswajanews.id) – Pendidikan itu berkelanjutan, dalam hadis dijelaskan “Carilah Ilmu dari buaian sampai dengan liang lahat”. Orang barat menyebutkan “Long life education”, belajar sepanjang hidup. Oleh karena itu saat sekarang lembaga pendidikan TPQ Al Hidayah harus dilanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu MDTA (Madrasah Diniyah Awalnya Takmiliyah). Sehingga setelah taman dari TPQ tidak nganggur. Demikian disampaikan Akhmad Sururi selaku Ketua DPC FKDT Kab Brebes di hadapan wali santri TPQ Al Hidayah dan tokoh masyarakat lingkungan dukuh Pesantunan Jepet Kec Wanasari Kab Brebes.

Ketua FKDT Brebes mengajak seluruh warga masyarakat untuk bersama menghidupkan pendidikan di pedukuhan yang terkesan terpencil. “Mari kita wujudkan semangat bersama untuk membangun masa depan anak anak kita melalui pendidikan keagaman Islam”. Hal ini sangat penting mengingat perkembangan zaman dengan kemajuan teknologi maka moralitas keagamaan akan menjadi kekuatan anak anak kita”.

Sururi mengutip dawuhnya KH Kafabihi Mahrus (Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo), bahwa orang-orang yang berbahagia dunia dan akherat adalah mereka yang belajar ilmu agama. Karena itu semoga masyarakat lingkungan Pesantunan Jepet menjadi orang yang bahagia dunia akhirat.

“Kami DPC FKDT Kab Brebes siap mendampingi MDTA di dukuh Pesantunan Jepet dari mulai proses pendirian sampai dengan pembelajaran dan kurikulumnya. Oleh karena dalam waktu dekat kita musyawarah bersama untuk rencana Pembukaan MDTA,” pungkas Akhmad Sururi.

Sebelumnya Ketua RT Pesantunan Jepet menyampaikan maksud dan tujuan mengundang FKDT Brebes. Dengan didampingi Kyai Abd Qodir alumni PP Lirboyo, Ketua RT menyampaikan keinginan warga masyarakat untuk mendirikan MDTA sebagai kelanjutan dari TPQ yang sudah berjalan. Tentu hal ini menjadikan hambatan anak anak dalam mencari ilmu.

Hal tersebut dengan pertimbangan MDTA yang ada letaknya jauh tepatnya di desa Dumeling atau Kupu. Sementara perjalanan untuk menuju MDTA tersebut membutuhkan waktu kurang lebih satu jam jalan kaki dengan melewati jalan besar dan pinggiran sungai.

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Sekretaris DPC FKDT Kab Brebes, Rosid mendampingi Ketua Ust Baihaqi dan Rifai selaku inisiator berdirinya MDTA juga hadir menyaksikan pengarahan dari Ketua DPC FKDT Kab Brebes.

Pertemuan yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 September 2023 diinisiasi oleh Rifai selaku tokoh penggerak pendidikan di Tegal dan Brebes. Rifai mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPC FKDT Brebes dan rombongan yang telah berkenan hadir untuk mendampingi proses pendirian MDTA di Pesantunan Jepet. *(Red)