Beranda Wisata 5 Wisata Alam Pangandaran, Indahnya Pantai sampai Serunya Body Rafting

5 Wisata Alam Pangandaran, Indahnya Pantai sampai Serunya Body Rafting

Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat memiliki sejumlah wisata alam yang menakjubkan. Kabupaten ini terkenal memiliki beragam wisata pantai karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan laut. Namun, Pangandaran ternyata juga memiliki tempat wisata alam lain berupa sungai, gua, hingga cagar alam. Bagi wisatawan yang gemar dengan wisata alam, Pangandaran adalah destinasi wisata yang cocok untuk berlibur dan refreshing. Berikut adalah sejumlah tempat wisata alam di Pangandaran.

  1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran adalah wisata tepi laut yang berlokasi di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran dan Penanjung, Kabupaten Pangandaran. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir hitam dan putihnya. Kondisi kawasan Pantai Pangandaran memiliki keindahan alami beserta lingkungan yang bersih dan terjaga, sehingga nyaman dikunjungi.

Berbagai macam aktivitas dapat dilakukan di Pantai Pangandaran. Pantai ini landai, sehingga wisatawan bisa bermain air dengan cukup aman. Pantai Pangandaran juga memiliki beberapa fasilitas untuk aktivitas olahraga air. Wisatawan dapat menaiki wahana Banana Boat dan Jet Ski sebagai sarana menyusuri perairan pantai. Pada sore hari, wisatawan juga dapat duduk-duduk di pinggiran pantai sembari menikmati pemandangan matahari terbenam.

Fasilitas di pantai ini tergolong lengkap. Ada lahan parkir yang luas, penjaga pantai, pemandu wisata, dan pusat informasi. Ada pula penginapan dan kafe. Pantai Pangandaran dibuka untuk umum hingga malam hari. Namun, terdapat jam buka yang berlaku hanya untuk kegiatan bermain air, yaitu pukul 06.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 6.000 per orang.

  1. Green Canyon Pangandaran

Green Canyon adalah wisata alam berupa aliran sunai yang diapit dua bukit bebatuan yang menembus goa. Wisata ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang. Nama Green Canyon merupakan sebuah pelesetan dari Grand Canyon di Sungai Colorado, Amerika Serikat. Tempat wisata ini juga dikenal sebagai Cukang Taneuh.

Wisatawan dimanjakan dengan panorama alam yang indah. Dengan tebing-tebing batu yang tinggi dan pepohonan yang lebat di sekitarnya, suasana di Green Canyon kian teduh. Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.

Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.

Salah satu aktivitas adalah body rafting, aktivitas olahraga air seperti arung jeram, tetapi tidak menggunakan rakit maupun dayung. Aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah berperahu menyusuri Sungai Cijulang. Perjalanan di perahu ini berlangsung selama 30-45 menit pulang pergi.

Green canyon menyediakan beberapa sarana pelengkap. Di antaranya adalah area parkir, rumah makan, kamar mandi, dan toko oleh-oleh. Baca juga: Wisata ke Green Canyon Pangandaran, Perhatikan Dulu Hal-hal Berikut Pada hari Senin-Kamis Green Canyon buka pukul 08.00-16.00 WIB. Pada akhir pekan, jam bukanya pukul 7.30-16.00 WIB. Khusus Jumat, Green Canyon buka pukul 13.00-16.00 WIB. Tiket masuk ke Green Canyon sudah termasuk dalam pembelian paket body rafting, yaitu seharga Rp 225.000 per orang. Untuk masuk ke kawasan Green Canyon wisatawan cukup membayar parkir seharga Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk transportasi besar seperti bus.

  1. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu menawarkan keindahan pemandangan laut lepas Samudera Hindia dari bukit karang. Pantai ini disebut juga sebagai Tanah Lotnya Jawa Barat karena batu karangnya yang menjorok ke tengah laut seperti di Tanah Lot di Bali. Pantai Batu Hiu berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran. Pantai ini cocok sebagai tempat untuk bersantai karena memiliki hamparan rumput hijau yang memberikan nuansa teduh. Semilir angin laut pun menambah nyaman suasana.

Wisatawan tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Ombak Samudera Hindia yang dikenal ganas dan bergelombang tinggi cukup membahayakan. Batu karang yang tajam juga dapat membahayakan keselamatan wisatawan.

Pantai Batu Hiu memiliki sejumlah spot foto menarik. Salah satu spot foto ada di atas bukit kecil. Wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang panorama lautan yang biru. Umumnya wisatawan dapat berkunjung dari pada pagi hari untuk menikmati matahari terbit, atau di sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Batu Hiu adalah area parkir, gazebo, dan sejumlah warung penjual makanan dan minuman. Harga tiket masuk Pantai Batu Hiu adalah Rp 6.000 per orang.

  1. Sungai Citumang

Tak kalah bagus dengan Green Canyon, Citumang juga memiliki pemandangan alam yang indah dengan aliran sungai jernih dan bebatuan alam. Wisata Citumang berlokasi di kompleks Obyek Wisata Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Sungai Citumang memiliki aliran air yang jernih berwarna hijau kebiruan. Alirannya tenang dan memiliki beberapa air terjun rendah. Di kawasan Citumang, wisatawan dapat menikmati pemandangan sekitar atau berenang. Buat kamu yang gemar dengan aktivitas yang lebih menantang, cobalah body rafting.

Saat body rafting, wisatawan akan menyusuri sungai dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam. Kedua mata akan dimanjakan dengan pemandangan indah selama menyusuri sungai. Wisatawan akan ditemani dengan seorang pemandu selama body rafting. Pemandu kemudian akan mengajak wisatawan ke sejumlah spot seperti air terjun, bendungan, dan akar gantung. Kawasan wisata ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum, seperti lahan parkir, toilet, mushala, dan tempat makan. Wisatawan juga dapat menemukan tempat penginapan bagi yang ingin bermalam.

Citumang buka setiap harinya pukul 07.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk berkisar dari Rp 19.000-Rp 24. 000 per orang. Untuk paket body rafting wisatawan akan dikenakan biaya senilai Rp 85.000. Paket tersebut sudah termasuk perlengkapan body rafting, pemandu, asuransi, dokumentasi, dan makan siang.

  1. Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandara adalah rumah bagi berbagai flora dan fauna, beberapa diantaranya dilindungi. Wisatawan dapat menjelajahi kawasan cagar alam ini dan bertemu dengan berbagai jenis satwa liar. Di antaranya adalah rusa, kijang, lutung, hingga landak jawa. Lokasi Cagar Alam Pangandaran adalah di Penanjung. Tempat ini ternyata juga menyimpan jejak sejarah zaman Hindu. Di kawasan ini wisatawan juga dapat menemukan Batu Kalde yang diduga adalah peninggalan Umat Hindu pada abad ke-15.

Taman wisata ini juga menyimpan sejumlah goa yang tak hanya terbentuk secara alami. Ada pula goa buatan yang merupakan markas perlindungan Jepang di masa Perang Dunia II. Beberapa goa yang dapat ditemukan di kawasan ini adalah Goa Panggung, Goa Parat, dan Goa Sumur Mudal.

Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran memiliki beberapa fasilitas seperti area parkir, toilet, dan mushola. Mereka juga menyediakan jasa pemandu. Wisatawan yang ingin menikmati alam sembari belajar mengenai sejarah di kawasan ini akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 16.000 – Rp 21.000 per orang. ***(Disparbud Jabar)