Kajian

Relevansi Pendidikan Islam dengan Kondisi Era Sekarang

Penulis: A’isy Hanif Firdaus, S.Ag. (Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang)

Pendidikan Islam merupakan salah satu aspek fundamental dalam kehidupan umat Muslim. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan Islam telah mengalami transformasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan di era modern. Dalam konteks kondisi era sekarang yang serba digital dan globalisasi, pendidikan Islam tidak hanya relevan, tetapi juga menjadi landasan penting dalam membentuk karakter dan moral umat manusia.

Pendidikan Islam sebagai Pilar Etika dan Moral

Di tengah kecanggihan teknologi dan perubahan sosial yang cepat, masalah etika dan moral semakin menjadi sorotan utama. Korupsi, perundungan, ketidakadilan, serta individualisme yang tinggi adalah beberapa contoh dampak negatif dari perubahan zaman yang tidak terkendali. Pendidikan Islam hadir dengan prinsip-prinsip etika yang menekankan pada nilai-nilai kejujuran, keadilan, kasih sayang, dan pengendalian diri (taqwa). Melalui ajaran Islam yang berbasis pada Al-Qur’an dan Hadis, pendidikan Islam membekali generasi muda dengan pedoman moral yang kuat untuk menghadapi tantangan zaman yang kian kompleks. Sebagai contoh, konsep keadilan dalam Islam yang tercermin dalam banyak ayat Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW, dapat dijadikan dasar untuk membentuk sikap adil dalam setiap aspek kehidupan, baik dalam kehidupan sosial, ekonomi, maupun politik.

Pendidikan Islam dan Pembentukan Karakter

Di era digital yang penuh dengan informasi, sangat mudah bagi seseorang terpapar pada konten-konten yang tidak mendidik atau bahkan merusak. Oleh karena itu, pendidikan Islam yang tidak hanya berfokus pada ilmu pengetahuan, tetapi juga pada pembentukan karakter, sangat relevan untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat secara emosional dan moral. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah pembelajaran tentang akhlak mulia yang menjadi pokok ajaran dalam Islam, seperti sabar, tawakal, tolong-menolong, dan kasih sayang kepada sesama. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an Surah Al-Ahzab ayat 21, Allah SWT berfirman

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ ۝٢١

Artinya: “Sungguh, pada (diri) Rasulullah benar-benar ada suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat serta yang banyak mengingat Allah.” (Q.S Al Azhab : 21)

Inti dari ayat diatas yang menjadikan Rasulullah SAW sebagai teladan terbaik dalam segala aspek kehidupan.

Pendidikan Islam dan Teknologi

Dengan adanya perkembangan teknologi, pendidikan Islam juga harus mampu beradaptasi dengan penggunaan media digital dan teknologi informasi. Di era sekarang, banyak lembaga pendidikan Islam yang memanfaatkan teknologi untuk memperluas akses pendidikan, seperti melalui kelas online, platform pembelajaran berbasis aplikasi, dan media sosial. Hal ini memungkinkan umat Islam untuk mendapatkan ilmu agama dengan cara yang lebih praktis dan efisien, terutama bagi mereka yang berada di daerah terpencil. Namun, tantangan baru muncul berupa bagaimana mengelola konten dan informasi yang ada di dunia maya agar sesuai dengan nilai-nilai Islam, serta bagaimana menghindari paparan negatif dari media sosial yang seringkali membawa dampak buruk.

Pendidikan Islam dalam Menanggapi Globalisasi

Globalisasi membawa perubahan besar dalam pola hidup masyarakat. Integrasi ekonomi, budaya, dan teknologi yang semakin pesat menuntut masyarakat untuk mampu beradaptasi dan berinovasi. Pendidikan Islam dapat berfungsi sebagai filter dalam menghadapi budaya global yang tidak selalu sesuai dengan nilai-nilai Islam. Melalui pendidikan yang berbasis pada pemahaman yang mendalam terhadap ajaran Islam, generasi muda dapat memiliki kemampuan untuk memilih nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran agama tanpa kehilangan jati diri mereka di tengah derasnya arus globalisasi. Sebagai contoh, dalam era modern ini, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Islam sendiri mengajarkan pentingnya ilmu, sebagaimana tercermin dalam firman Allah dalam Surah Al-Alaq ayat 1-5, yang memerintahkan umatnya untuk membaca dan belajar. Oleh karena itu, pendidikan Islam dapat memberikan keseimbangan antara penguasaan ilmu pengetahuan modern dan penerapan ajaran agama yang menyeluruh.

Pendidikan Islam dan Masalah Sosial Kontemporer

Di tengah perkembangan sosial yang serba cepat, banyak masalah kontemporer yang muncul, seperti kemiskinan, ketidakadilan sosial, perubahan iklim, dan sebagainya. Pendidikan Islam dapat berperan dalam memberikan solusi terhadap masalah-masalah ini, dengan menanamkan nilai-nilai keadilan sosial, kepedulian terhadap lingkungan, serta pentingnya kesejahteraan bersama. Konsep zakat dalam Islam, misalnya, bisa menjadi sarana untuk mengurangi kesenjangan sosial dan mengatasi masalah kemiskinan. Selain itu, pendidikan Islam juga mengajarkan tentang pentingnya menjaga alam (hifz al-biya’) dan tanggung jawab sosial yang bisa diterapkan dalam upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. ***

Kesimpulan

Relevansi pendidikan Islam dengan kondisi era sekarang sangatlah besar. Pendidikan Islam tidak hanya memberikan pengetahuan tentang agama, tetapi juga membentuk karakter, moral, dan etika yang penting di tengah tantangan globalisasi, teknologi, dan permasalahan sosial yang semakin kompleks. Oleh karena itu, pendidikan Islam harus terus berkembang dan beradaptasi dengan zaman, tanpa mengorbankan nilai-nilai fundamental yang menjadi dasar ajaran Islam. Dalam menghadapi tantangan dunia modern, pendidikan Islam bisa menjadi solusi untuk menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga bertanggung jawab, berakhlak mulia, dan peduli terhadap kesejahteraan umat manusia.

Sumber Referensi:

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Islam and Secularism. (1993).

Dali, Nur Hidayati. “Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Tantangan dan Peluang.” Jurnal Pendidikan Islam, 2016.

Nasution, Harun. Pendidikan Islam dalam Perspektif Modern. (2005).

Basyir, Abu. “Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa.” Jurnal Pendidikan Islam dan Kebudayaan, 2020.

www.youtube.com/@anas-aswaja