Pendidikan

Musancab FKDT Kec Brebes : Meneguhkan Solidaritas dan Kebersamaan untuk Membangun Kemajuan FKDT

BREBES (Aswajanews.id) – Perhelatan Forum tertinggi untuk komunitas Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) tingkat Kecamatan Brebes akan digelar besok Minggu, 13 Oktober 2024. Forum tersebut akan digelar di aula kantor DPC FKDT Kab Brebes Jl Yos Sudarso Pasar Batang Kec Brebes Kab Brebes. Beberapa persiapan sudah dilaksanakan oleh Panitia termasuk beberapa dokumen laporan perjalanan organisasi selama satu periode di bawah kepemimpinan Ust Warim, SH.

Selaku Ketua DPC FKDT Kab Brebes, Akhmad Sururi menyampaikan bahwa forum musyawarah tertinggi tingkat kecamatan yang akan diselenggarakan besok (Ahad, red) menjadi forum kedaulatan anggota untuk menyusun program lima tahun kedepan. Lebih dari itu tentu memiliki kepengurusan untuk masa khidmat 2024 – 2029 dan laporan pertanggungjawaban kepengurusan DPAC FKDT Kec Brebes masa khidmat 2019 – 2024. Tiga hal ini menjadi agenda pokok yang akan dibahas oleh komunitas MDT se-Kec Brebes.

Ketua DPC FKDT Kab Brebes, Akhmad Sururi

“Forum musyawarah besok akan berjalan dengan tenang dan damai untuk mencapai mufakat bersama. FKDT menjadi kumpul Guru Madin yang lebih menekankan pada nilai nilai akhlakul karimah dalam bermusyawarah. Tidak ada kubu kanan atau kiri, satu atau dua, depan atau belakang. Semuanya memiliki hak yang sama untuk bersama berkhidmah di FKDT untuk kemajuan Sesuai dengan temannya, “meneguhkan solidaritas dan kebersamaan untuk menuju kemajuan FKDT,” maka forum besok sangat diharapkan akan memperkuat solidaritas dan kebersamaan dalam berkhidmah. Ini sangat penting, karena solidaritas menjadi modal utama untuk menggerakkan program kegiatan organisasi,” kata Akhmad Sururi di ruang kerja kantor DPC FKDT Kab Brebes, Sabtu 12 Oktober 2024.

Menurut Akhmad Sururi, solidaritas dan kebersamaan sudah diajarkan sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Banyak ayat Quran yang memberikan pesan untuk bersama dalam satu jamaah. Maka ketika kita menjaga kebersamaan sesungguhnya melaksanakan pesan yang termaktub dalam Qur’an. Melalui kebersamaan itulah segala yang berat menjadi ringan, perkara yang sulit menjadi mudah dan dengan kebersamaan akan muncul banyak keberkahan.

“Era sekarang untuk mencapai kesuksesan dengan kolaborasi. Sukses dalam menggerakkan organisasi tidak bisa sendiri, tapi dengan kolaborasi disertai kompetensi kepengurusan yang bisa membawa kemajuan organisasi.FKDT sebagai ormas yang bergerak dalam bidang pendidikan tentu garapan yang paling utama adalah memajukan pendidikan keagamaan dalam hal ini adalah MDT,” lanjut Sekretaris MWC NU Kec Wanasari.

“Melalui forum musyawarah tingkat kecamatan diharapkan dapat merumuskan program yang bersifat Inovatif untuk lima tahun kedepan. Rutinitas dalam pendidikan menjadi kewajiban, lebih dari itu ide dan gagasan untuk kemajuan FKDT kita tuangkan dalam forum musyawarah anak cabang FKDT Kec Brebes. Termasuk menjalin kerjasama dengan beberapa pihak yang memiliki komitmen bersama memajukan MDT itu menjadi bagian yang penting. Mari kita jadikan forum musyawarah besok menjadi forum untuk lebih banyak mengedepankan khidmah kepada Madrasah Diniyah. Ketika yang kita pikirkan berkhidmah, maka kepemimpinan menjadi amanat yang sangat berharga. Namun demikian kita akan lebih menekankan, apa yang bisa kita berikan dalam berkhidmah,” pungkas Akhmad Sururi. *(Red/Nas)

www.youtube.com/@anas-aswaja