Nusantara

Menelusuri Kehadiran Tuhan melalui Sifat Wujud Aqoid 50 (Seket)

PEKALONGAN (Aswajanews.id) – Hari Jum’at (19/7/2024) Jama’ah Rotib Ngremboko mengadakan rutinan di TBM Hidup Punya Cerita. Acara diikuti oleh sekitar 25 orang. Kegiatan dimulai setelah melaksanakan sholat isya atau sekitaran jam 20.00 – selesai. Ada 3 rangkaian kegiatan dalam acara rutinan jama’ah rotib ngremboko : Pembacaan Maulid Simtuduror,  Pembacaan Rotibul Kubro dan Mauidhoh hasanah atau kajian kitab.

Jama’ah Rotib Ngremboko mengadakan rutinan di TBM Hidup Punya Cerita

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan membaca tawassul yang kebetulan dibawakan oleh Ustad Ahmad Qudus selaku ketua, dan dilanjutkan dengan membaca kitab maulid simtudduror, maulid Simtudduror merupakan amalan Shalawat yang menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW. Maulid ini juga sama seperti maulid Diba’ dan Barzanji. Kemudian dilanjut, Pembacaan Rotibul Kubro. Rotibul Kubro merupakan amalan yang berisi doa dan dzikir. Kegiatan yang terakhir, Mauidhoh hasanah atau kajian kitab yang mebahas Tauhid disampaikan oleh ustd Sugianto Membahas tentang Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Allah serta sifat jaiz e Allah, Sifat wajib dan Mustahil rosul serta jaiz e Rasul. Atau yang biasa dikenal dengan “Aqoid Seket”.

Ustd Sugiyanto menjelaskan, bahwa Aqidah 50 dalam lingkungan Ahlussunnah wal Jama’ah terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama berkaitan dengan sifat-sifat Allah, meliputi sifat wajib bagi Allah 20 sifat, sifat mustahil 20 sifat, dan sifat jaiz 1 satu sifat. Bagian kedua berkaitan dengan sifat-sifat para rasul Allah, meliputi sifat wajib bagi rasul 4 sifat, sifat mustahil 4 sifat, dan sifat jaiz 1 sifat.

“Allah itu ada (wujud). Allah Swt. memang gaib, tidak bisa dilihat zat-Nya. SIfat wujud bermakna kehadiran Allah SWT bukan karena diciptakan oleh siapapun. Allah itu berdiri sendiri dan berbeda dengan Makhluk,” imbuhnya Ustd Sugiyanto.

Acara ini diakhiri dengan pembacaan doa dan juga di adakannya makan makan bersama. *(Kontributor: Sahrul Mubarok)

www.youtube.com/@anas-aswaja